Dukung peningkatan ekspor produk perikanan, Bea Cukai Tanjung Emas hadiri Pelepasan Ekspor Perikanan Jawa Tengah Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan secara Nasional, di Kantor Balai KIPM Semarang, Rabu (14/04/2021).

Kegiatan Pelepasan Ekspor Produk Perikanan ini mengusung tema “Indonesia Satu Ekspor”  kegiatan terpusat di Terminal Peti Kemas Koja Jakarta dengan dihadiri oleh Menteri Keuangan dan Perikanan. Di Semarang sendiri. Pelepasan ekspor perdana ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan didampingi oleh Kepala BKIPM Jawa Tengah, Gatot Perdana.”Pelaksanaan ekspor ini merupakan penanda kebangkitan dari produk laut dan perikanan asal Jateng.” ungkap Ganjar ditemui saat acara.

BKIPM Semarang melakukan ekspor perdana 584 ton senilai 52 Milyar ke Amerika, Cina hingga Jepang hasil perikanan dan kelautan Jawa Tengah berupa daging rajungan, surimi, dan udang.

Melalui kolaborasi dan sinergi yang dijalin antara BKIPM diharapkan mendukung dan mengawasai proses regulasi ekspor, sehingga ekspor produk lokal dapat terus meningkat. Hal ini berkaitan langsung pengingkatan kembali pergerakan roda perekonomian Indonesia di bidang kelautan di masa Pandemi. Harapan akhirnya semoga dapat berefek positif pada Pemulihan Ekonomi Nasional.