Hai sahabat temas, tau nggak sih apa itu Coacing, Mentoring, dan Counseling atau biasa disingkat  dengan CMC? Coaching adalah proses interaktif yang digunakan para pimpinan untuk mengatasi masalah kinerja kerja dan meningkatkanketerampilan/kecakapan staf/karyawan. Mentoring adalah proses berbagi pengalaman dan pengetahuan dari seorang yang sudah berpengalaman (been there done that) kepada seseorang yang ingin belajar di bidang tersebut.

Di sini kata kuncinya adalah berbagi pengalaman dan pengetahuan. Dan counseling adalah pemberian dukungan oleh atasan untuk membantu karyawan dalam mengatasi masalah pribadinya atau perubahan dalam organisasi yang mempengaruhi kinerjanya. Lebih mudahnya, CMC salah satu bentuk internalisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Acara yang di gelar setiap bulan ini diselenggarakan sehubungan dengan Program Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan dalam rangka pengembangan pegawai berbasis kompetensi .

Bea Cukai Tanjung Emas telah melaksanakan CMC dengan beberapa tema yaitu, terkait peningkatan integritas pegawai, terkait pengetahuan kompetensi manajerial dan sosial kultural, dan  di era new normal seperti sekarang ini tema yang diambil dalam CMC edisi bulan juli ini adalah pelayanan prima dengan protokol kesehatan. Namun tak hanya itu, dalam forum ini terkadang juga membahas isu isu terkait pekerjaan sehari hari juga seperti penentuan Indeks Kinerja Utama (IKU) pegawai.

Pelaksanaan CMC pada masing masing seksi ini diharapkan juga sebagai wadah untuk merekatkan hubungan antara rekan kerja biar tidak ada dusta diantara kita, eh bukan biar terciptanya rasa kekeluargaan dan sinergi dalam bekerja. Maka dari itu CMC ini dihadiri oleh anggota dan dipimpin oleh kepala seksi. Nah, sebagai bentuk laporan pelaksanaan, setelah pelaksanaan CMC, setiap seksi mengirimkan laporan pelaksanaan CMC yang berisi nota dinas pelaksanaan, daftar hadir, dan notula yang berisi rangkuman materi.

Note : beberapa foto diambil sebelum pandemi Covid-19.