Yoan Pratama, pegawai Bea Cukai Tanjung Emas kelahiran Bojonegoro, 20 Desember 1993 mendapatkan penghargaan langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani berkat inisiatif yang tinggi dalam pembuatan aplikasi mandiri di beberapa kantor Bea Cukai. Laki laki yang akrab disapa “Om Yo” ini merupakan pelaksana di seksi Pengolahan Data dan Administrasi Dokumen yang bertugas di subseksi Pengolahan Data. Siapa sangka Om Yo yang merupakan lulusan prodip I bea cukai ini adalah seorang yang mahir dalam membuat dan mendesain aplikasi.

Om Yo yang memulai karir sebagai bea cukai sejak tahun 2013 silam, mulai mendalami ilmu Kepabeanan dan Cukai sejak mengikuti program diploma I di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. sosok yang  merupakan salah satu Bea dan Cukai angkatan XVIII yang lulus dari prodip pada tahun 2013. Setelah lulus dari STAN Laki laki yang memulai karir pertamanya di kotabaru, Kalimantan Selatan ini mulai menunjukkan keahliannnya dibidang Teknologi Informasi khususnya dibidang aplikasi.

Tercatat total lebih dari 5 aplikasi yang telah dikembangkan Om Yo selama berkarir di Bea Cukai yang secara efektif dan efisien membantu tugas dari Direktorat Jenderal Bea Cukai baik dari segi pelayanan maupun pengawasan. Tak hanya itu Om Yo juga beberapa kali membantu kantor bea cukai lain dalam hal pengembangan website kantor, diantaranya KPPBC TMP C Tegal dan KPPBC TMP C Kotabaru.

Tepatnya Rabu (30/10/2019) dalam peringatan Hari Oeang ke-73, sekaligus Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Banteng Kemenkeu Jakarta, Laki laki ramah yang menyukai pecel dan hobi bermain bola ini mendapatkan penghargaan langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani. “Bagi saya pencapaian tersebut adalah cambuk agar dapat lebih baik lagi berkontribusi untuk negara Indonesia khususnya Bea Cukai untuk kedepannya”, Ujar Om Yo.