Semarang – Tim Penyuluhan KPPBC TMP Tanjung Emas mengunjungi salah satu perusahaan penyalur Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang berlokasi di Kabupaten Ungaran. Perusahaan bernama PT Bukit Mayak Asri tersebut menyambut tim penyuluhan yang kali ini (28/11/2017) beranggotakan Yendra Robi, Lusiani Wiyanti, Qadaffi Thariq Rendragusti, dan Hening Sri Hidayati.

Sebanyak 68 calon TKW menempatkan diri di suatu ruang kelas untuk menerima materi tentang barang bawaan penumpang dan barang kiriman oleh tim penyuluhan. Lusi bertugas memaparkan materi barang bawaan penumpang, Hening menjelaskan prosedur barang kiriman, Robi memperkenalkan instansi, dan Qadaffi memimpin pengisian survey dan dokumentasi.

Lusi dan Hening menyampaikan materi seperti yang biasanya disampaikan oleh tim penyuluhan kepada para calon TKW. “Ibu-ibu kalau nanti dititipi barang oleh orang lain sebaiknya diperiksa dulu ya bu, karena kita tidak tahu pasti apa yang ada di barang titipan itu, siapa tahu ada barang terlarangnya kan kita tidak tahu.” pesan Lusi kepada para calon TKW.

Para calon TKW yang akan beranjak ke Malaysia, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan tersebut tampak dapat memahami materi dengan baik. Mereka aktif bertanya dan berbagi pengalaman ketika bekerja di luar negeri karena sebagian dari mereka juga pernah bekerja di negeri orang sebelumnya.