Senin 26 Januari 2015, bertepatan dengan Hari Pabean Internasional, Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan KPPBC TMP Tanjung Emas melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pabean Internasional ke-63. Upacara ini dilaksanakan di lapangan Kanwil DJBC Jateng dan DIY yang diikuti oleh semua pegawai dan pejabat Kanwil DJBC Jateng dan DIY serta KPPBC TMP Tanjung Emas. Selain itu, upacara ini juga dihadiri oleh para tamu undangan dari berbagai lembaga pemerintahan. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kanwil DJBC Jateng, Nugroho Wahyu Widodo, menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pabean Internasional kali ini.

upacara HPI1

Upacara dimulai pada pukul 07.45 WIB. Dalam kesempatan tersebut, Plt Kepala Kanwil DJBC Jateng dan DIY membacakan teks sambutan Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, dalam rangka upacara Hari Pabean Internasional ke-63 ini. Tema yang diusung dalam peringatan Hari Pabean Internasional ke-63 yaitu “Coordinated Border Management – An inclusive approach for connecting stakeholders”. Dalam sambutan tersebut, Menteri Keuangan menegaskan bahwa tema Corrdinated Border Management menjadi sangat relevan apabila dikaitkan dengan salah satu dari 10 inisiatif strategis yang terdapat di DJBC, yaitu memulai lab stakeholder eksternal untuk mengurangi waktu impor.

Upacara HPI 2

 

Selain itu, Menteri Keuangan juga mengingatkan kembali agar upaya-upaya koordinasi yang telah ditempuh baik di dalam negeri maupun internasional harus terus-menerus dilakukan oleh DJBC untuk merespon dinamika perdagangan dunia. Dalam sambutan tersebut, Menteri Keuangan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras, dedikasi, profesionalisme, serta pengabdian seluruh pegawai DJBC yang telah diberikan terhadap bangsa dan negara.