Together, we make it better. Itulah tema yang diangkat oleh KPPBC TMP Tanjung Emas dalam acara training and retraining yang rutin diadakan satu tahun sekali. Sesuai dengan cita cita Bea Cukai MakinĀ  Baik, KPPBC TMP Tanjung Emas pun berusaha menjadi lebih baik dalam kebersamaan.

Training and retraining pada tahun ini dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 11 dan 12 Februari 2017. Pada hari pertama, kegiatan diisi dengan Lava Tour di Kaki Gunung Merapi, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengendarai mobil jeep. Ada beberapa tempat wisata yang disinggahi dalam tour ini, di antaranya Batu Allien dan Bunker Kali Adem. Sore harinya, para peserta training menikmati jaddah dan tempe bacem serta hidangan khas Kali Urang lainnya.

Untuk menjaga keakraban pegawai, malam keakraban (makrab) juga merupakan acara wajib dalam training rutin ini. Makan malam, door prize, lagu, dan permainan semakin memperlengkap suasana training and retarining di malam hari.

Pada hari kedua, training dilaksanakan di Magelang, tepatnya di Sungai Progo. Ya, para peserta melaksanakan rafting atau arung jeram Sungai Progo. Agar para pegawai saling mengenal satu sama lain, rafting dibagi dalam beberapa kelompok kecil secara acak.

Kegiatan training seperti ini sangat efektif untuk menjaga kebersamaan antar pegawai. Kiranya, kekompakan yang terjalin selama training dapat diaplikasikan juga dalam pekerjaan di kantor.