Semarang (BCTemas) – Tingkatkan pengawasan terhadap masuknya barang illegal di Pelabuhan, Bea Cukai Tanjung emas berikan Retraining Operator Mobil X-Ray Kontainer Scanner HCVM kepada Pegawai yang bertugas khusus mengoperasikan alat pemindai kontainer ini, Jum’at (22/11/10)

Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini, dilakukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan alat pemindai khusus bernama HCVM, Mobile X-Ray Container Scanner. Alat ini bekerja dengan menggunakan rekayasa radiasi sinar tertentu sehingga isi kontainer dapat diketahui tanpa harus membuka container (Vehicle and Cargo Inspections System).

Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai, Heru Sigit menyatakan bahwa “Dengan kecanggihan alat ini, diharapkan dapat digunakan untuk mengawasi barang impor yang lewat pelabuhan Tanjung Emas”

Selain memiliki alat scanner menetap (portal vacis) yang ditempatkan di kawasan pabean pelabuhan, Bea Cukai Tanjung Emas juga mempunyai model HCVM Mobile X-Ray Container Scanner yang memindai kontainer baik kondisi diam (stationery) dan berjalan (moving).

Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas, Tjertja Karja Adil menambahkan “untuk mencapai target dwelling time, custom clearance harus semakin dipercepat. Itulah mengapa pelatihan ini dilakukan agar penggunaan alat dapat dimaksimalkan.” Dengan Scanner HCVM ini, dapat dilakukan pemeriksaan barang secara mendalam sehingga bisa diketahui lebih awal isi dari komoditi tersebut, apakah sesuai dengan pemberitahuan.

Bea Cukai memiliki 6 alat yang ditempatkan di Belawan, Batam, Cikarang, Tanjung Priok, Tanjung Emas dan Tanjung Perak. Dengan penggunaan alat ini diharapkan dapat meningkatkan pengawasan di kawasan Pelabuhan terutama terkait narkotika senjata ilegal dan barang- barang selundupan lainnya.