Asah skil untuk tetap produktif selama masa pandemi, Sejumlah pegawai Bea Cukai Tanjung Emas ikuti Webinar Pelatihan Presenter Virtual, Kamis (09/07). Acara yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jateng dan D.I. Yogyakarta tersebut dilaksanakan selama 2 hari dengan narasumber yang berbeda. Acara yang bertujuan untuk meningkatkan skill menjadi presenter virtual bagi pegawai bea cukai di lingkup Kanwil DJBC Jateng dan D.I. Yogyakarta  tersebut digelar melalui media Zoom Video Conference.

Dalam sesi hari pertama, acara pelatihan presenter virtual tersebut mendatangkan narasumber Nessa Ghozal yang merupakan seorang MC sekaligus ahli public speaking di kota Semarang.  Nessa sapaan akrabnya memaparkan materi tentang bagaimana cara meningkatkan percaya diri pada saat memandu jalannya sebuah acara. “percaya diri adalah hal yang terkadang menjadi problem utama saat kita memandu sebuah acara, karena pasti semua mata akan tertuju pada MC, tapi kalian tidak boleh minder saat seperti itu, salah satu trik yang bisa dijadikan penangkal adalah ubahlah mindset kalian bahwa kalian adalah satu satu orang yang paling kompeten memandu jalannya acara”,tandas Nessa.

Begitu juga pada sesi hari kedua yang menghadirkan narasumber Teddy Triatmojo kepala seksi PLI KPPBC TMP Ngurah Rai. Teddy memaparkan tentang bagaimana persiapan MC sebelum tampil membawakan sebuah acara terutama acara virtual seperti webinar.”seorang MC harus mengetahui tugasnya apakah murni sebagai MC atau merangkap juga sebagai host saat membawakan acara webinar, paling tidak persiapan secara teknis harus memenuhi syarat seperti kelayakan jaringan yang digunakan selama acara ”, Ucap Teddy. Acara yang ditutup dengan post tes tersebut diharapkan membawa manfaat sehingga dapat diaplikasikan di satker masing masing.