Rabu, 17 Mei 2017 bertempat di Aula KPPBC TMP Tanjung Emas dilaksanakan acara Tarhib Ramadhan dalam rangka menyambut Ramadhan 1438 H. Acara ini dihadiri oleh para pejabat dan pegawai di Lingkungan Kanwil DJBC Jateng dan DIY, dibuka dengan tilawah Quran oleh Dendy Firdaus, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Kepala Kanwil DJBC Jateng dan DIY, Untung Basuki. Beliau menyampaikan bahwa dalam bulan Ramadhan ini kita harus menyambut dengan suka cita dan mempersiapkan fisik dan mental yang baik agar selama Ramadhan dapat bekerja dan tentunya beribadah semaksimal mungkin, dan walaupun dalam keadaan puasa diharapkan pelayanan yang diberikan oleh pegawai bea cukai tidak berkurang namun justru bertambah atau setidaknya sama seperti bulan-bulan sebelumnya. Beliau juga mengharapkan dengan adanya acara Tarhib Ramadhan merupakan suatu awal untuk menyambut Ramadhan dan selanjutnya para pegawai dapat meramaikan dan memakmurkan masjid saat Ramadhan.

Memasuki acara inti yaitu tausiyah dari Ustadz Drs. Fachrur Rozi, M. Ag mengenai persiapan-persiapan yang sebaiknya dilakukan dalam menyambut Ramadhan. Apa saja persiapannya? Tidak hanya fisik yang butuh persiapan saat menjelang puasa namun juga ruh/jiwa perlu dipersiapkan karena saat bulan Ramadhan tidak hanya puasa makan dan minum namun juga puasa dari hal-hal yang tidak baik seperti amarah dll.

Setelah acara inti tersebut dilakukan salam-salaman saling memaafkan sebelum memasuki bulan penuh berkah, Ramadhan 1438 H. Marhaban yaa Ramadhan!