Semarang (29/04/2019) – Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2019, Bea Cukai Tanjung Emas bersama Bea Cukai Semarang mengadakan sosialisasi dan simulasi peanggulangan bencana yang langsung diarahkan oleh Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Semarang, di Aula Lantai 4 Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Jum’at (26/04).

Sosialisasi ini diselenggarakan setelah kegiatan senam bersama yang rutin diadakan setiap hari jum’at. Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Tjertja Karja Adil dalam sambutannya mengungkapkan, “Semoga dengan awal yang baik ini kita dapat mempersiapkan segala kemungkinaan bahkan yang terburuk yang bisa saja terjadi, baik itu gempa bumi ataupun kebakaran.”

Seluruh pegawai sangat antusias mengikuti simulasi ini, tidak hanya belajar tentang manajemen resiko ketika terjadi bencana namun juga belajar bagaimana pertolongan pertama saat terjadi bencana. Diawali dengan menyelamatkan diri dahulu, kemudian dengan tenang mengikuti petunjuk untuk segera dievakuasi menuju jalur darurat yang telah ditentukan sampai ke titik kumpul. Petugas keamanan dan P3K juga belajar untuk menyelamatkan pegawai yang kemungkinan terjebak jika terjadi bencana.

“Terimakasih atas kontribusi seluruh pejabat dan pegawai dalam simulasi bencana yang berjalan lancer dan luar biasa ini, walaupun beberapa hal perlu dievaluasi untuk ke depannya, saya sangat apresiasi berjalannya kegiatan ini.” Ungkap Koordinator dari BPBD mengapresiasi simulasi ini.

Simulasi ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan seluruh Pegawai Bea Cukai Tanjung Emas, sehingga sadar bencana dapat ditanamkan sedini mungkin.