Bertempat di Ruang Pendidikan Lantai 3 KPPBC TMP Tanjung Emas dilaksanakan sosialisasi mengenai PDE Internet Inward dan Outward Manifest oleh Pelaksana pada Direktorat IKC, Tagara yang diikuti oleh beberapa pengangkut dan/atau ground handling yang ada di Wilayah Semarang pada Kamis, 15 Desember 2016.

Sosialisasi dan Pelatihan kali ini dibagi ke dalam dua sesi. Sesi Sosialisasi dilaksanakan pada pukul 11.00 WIB dan diikuti oleh 21 perusahaan pengangkut dan/atau ground handling, sedangkan Sesi Pelatihan yang diikuti oleh 7 perusahaan pengangkut dan/atau ground handling dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB.

Dalam Sosialisasi, Tagara menjelaskan beberapa perbedaan PDE Internet Outward dan Inward Manifest yang baru dengan sistem yang lama. Salah satunya yaitu para stakeholder dapat langsung mengirim pemberitahuan Inward dan Outward Manifest ke Bea Cukai tanpa melalui Provider.

Dengan menggunakan PDE Internet, tentunya peran dan tanggung jawab Bea Cukai menjadi lebih berat. Namun, demi pelayanan yang prima, Bea Cukai siap mengemban tugas ini.