Kamis, 06 Oktober 2016

Tim penyuluhan PLI KPPBC TMP Tanjung Emas mengadakan sosialisasi di PT. Rimba Ciptaan Indah yang merupakan kantor Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) yang berlokasi di Purwodadi. Sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk memberi informasi kepada para calon TKI agar nantinya segala aktivitas TKI yang berkaitan dengan Bea Cukai dapat berjalan lancar.

dscf0507

Acara kali ini diikuti oleh 46 orang calon TKI. Acara dibuka oleh Yendra Robi, selaku Kasubsi Penyuluhan PLI KPPBC TMP Tanjung Emas. Beliau menyampaikan gambaran umum bea cukai, mulai dari tugas hingga seragam dan atribut yang dikenakan. Kemudian memasuki materi barang bawaan penumpang yang disampaikan oleh Aprilia Putri, materi ini sangat penting bagi calon TKI mengingat mereka sering bolak-balik luar negeri-Indonesia. Dalam materi ini disampaikan tentang Customs Declaration, ketentuan lartas, dan ketentuan di bidang kepabeanan dan cukai terkai barang bawaan penumpang.

dscf0514

Materi kedua disampaikan oleh Catur Ariawan mengenai bawang kiriman pos. Tentunya saat para calon TKI di luar negeri ingin mengirimkan barang untuk keluarga di rumah, sehingga mereka perlu mengetahui aturan kepabeanan dan cukai terkait barang kiriman pos. Dalam materi tersebut disampaikan aturan kepabeanan dan cukai terkait barang kiriman pos dan juga disampaikan bahwa harus berhati-hati terhadap oknum yang sekarang sedang marak melakukan penipuan tentang barang kiriman pos mengatasnamakan bea cukai.

dscf0534Acara berlangsung lancar dan interaktif, para calon TKI aktif bertanya dan berpartisipasi aktif dalam games-games yang disediakan. Setelah penyampaian materi selesai, para peserta sosialisasi mengisi kuesioner dan diakhiri dengan penyerahan plakat kepada perwakilan PT. Rimba Ciptaan Indah serta foto bersama.