Semarang (29/1/2019) – Hari Pabean Internasional yang diperingati setiap tanggal 26 Januari selalu mengusung tema yang selaras dengan kondisi dunia. Begitu pun pada tahun 2019 ini yang mengusung tema “Secure Measurable Automated Risk Management-Based Technology-Driven (SMART) Borders for Seamless Trade, Travel, and Transport”.

Untuk memperingati Hari Pabean Internasional, Kantor Bea Cukai Tanjung Emas bersama Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta melaksanakan apel gabungan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Juli Tri Kisworini di Aula Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Selasa (29/1).

“Bea Cukai Indonesia terus berupaya membangun strategi inovasi dalam menghadapi era digital yaitu dengan membentuk Smart Customs and Excise System untuk menciptakan proses bisnis yang mudah, murah, cepat, transparan, efektif dan efisien,” Sambutan Direktur Jenderal Bea dan Cukai yang disampaikan Juli.

Sejalan dengan tema yang diusung World Customs Organization (WCO), Seluruh administrasi kepabeanan dunia termasuk Bea Cukai Indonesia di lintas batas juga harus menjadi pusat penghubung dan pusat koordinasisebagai fasilitasi perdagangan, perjalanan, serta mengurangi ancaman yang melekat pada arus barang, orang, dan alat transportasi lintas batas.