Semarang (24/06/2019) – Sinergi yang kuat antar instansi dibutuhkan untuk mengawasi luasnya perbatasan Indonesia, untuk itulah Bea Cukai Tanjung Emas bersinergi dengan Tentara Nasional Indonesai. Salah satunya adalah dukungan Bea Cukai kepada 78 perwira penyidik TNI Angkatan Laut (AL) Komando Armada II yang melaksanakan kunjungan Siswa Kursus Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu di Laut (Suspaidikla) TA 2019 di Bea Cukai Tanjung Emas pada Senin (24/6).

Kunjungan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Tjertja Karja Adil. “Bea Cukai dan TNI AL mempunyai porsi tugas masing-masing yang saling bersinergi dalam pengawasan perbatasan laut di wilayah Indonesia, namun Bea Cukai selain penegakan hukum dalam hal ini pengawasan di saat yang sama kami juga harus memberikan pelayanan. Sebuah tugas yang bertolak belakang namun harus bisa diselaraskan,” ujar Tjertja.

Dandukops (Kolat Koarmada II), Letnan Kolonel (P) Wirawan Ady Prasetya yang merupakan pembimbing studi lapangan TNI AL menyampaikan bahwa dengan kunjungan rutin ini, dapat meningkatkan sinergi yang selama ini telah dijalin Bea Cukai dengan TNI AL, apalagi saat bertugas bersama dilapangan.

Materi tugas penyidikan dan proses penyidikan secara teknis oleh Bea Cukai dipaparkan oleh Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Adi Cahyanto

Diharapkan dengan studi lapangan ini, selain siswa kursus mendapatkan ilmu penyidikan oleh Bea Cukai, juga dapat meningkatkan sinergi dan kerjasama yang selama ini telah terjalin antara Bea Cukai dengan TNI AL.