Kamis (15/02/2018) telah dilakukan silaturahmi antara Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Jawa Tengah dengan KPPBC TMP Tanjung Emas yang bertempat di ruang rapat KPPBC TMP Tanjung Emas. Silaturahmi ini dilakukan untuk membantu para eksportir meningkatkan kegiatannya sehingga ekonomi Jawa Tengah akan semakin baik.

“Indonesia memiliki potensi yang besar untuk melakukan ekspor. Namun, ekspor kita masih kurang  dibandingkan dengan beberapa negara ASEAN lain. Maka dari itu, kami memberikan fasilitas KLInIK untuk memudahkan kegiatan dan pengawasan di bidang ekspor,” ujar Bapak Isnu Irwantoro selaku Pelaksana Harian Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas.

Pemerintah khususnya Bea Cukai telah memberikan regulasi yang memudahkan kegiatan ekspor. Salah satunya pemberian kemudahan impor bahan baku untuk KITE IKM yang menjadi fokus utama kegiatan yang perlu ditingkatkan.

Ade Siti Muksodah selaku Ketua GPEI Jawa Tengah berkata, “Pembentukan GPEI diharapkan dapat menjadi wadah bagi eksportir untuk mempermudah  kegiatan. Sebagian besar eksportir  tidak mengalami kendala yang serius dalam proses pengeksporan.”

Anggota GPEI Jawa Tengah memiliki lebih dari 120 pengusaha dan jutaan IKM yang berada di Wilayah Jawa Tengah. Program GPEI sendiri lebih menekankan pemberian edukasi dan pengetahuan tentang ekspor yang belum terlalu dikuasai oleh para eksportir.

Dengan dilakukannya kegiatan ini, diharapkan dapat memudahkan kegiatan ekspor sehingga perekonomian Jawa Tengah semakin maju dan lebih baik lagi.

 

Tags: , , , , , , , , , ,