Semarak 17 Agustus atau 17-an atau dalam bahasa Jawa disebut pitulasan tahun 2017 ini dirayakan bersama oleh Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, KPPBC TMP A Semarang, dan KPPBC TMP Tanjung Emas. Ketiga kantor tersebut memperingati hari kemerdekaan Indonesia dengan acara Syukuran HUT RI Ke 72 dengan tema “Indonesia Kerja Bersama”. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2017 di aula lantai 4 KPPBC TMP Tanjung Emas.

Acara tersebut diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan serempak. Kemudian pak Untung Basuki selaku Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta memberikan sambutan.

Untuk membangkitkan jiwa nasionalisme di kalangan pegawai, maka di awal acara diputarkan sequel film dan video singkat tentang perjuangan Proklamasi, perjuangan Bung Tomo, dan pesan-pesan para pejuang. Salah satu yang menarik dari acara tersebut adalah parade puisi yang ditampilkan oleh beberapa pejabat yakni Bapak Untung Basuki dan Bapak Muhammad Hakim. Selain dari para pejabat, parade puisi juga ditampilkan oleh para generasi muda. Generasi muda yang dimaksud adalah perwakilan pegawai termuda masing-masing kantor. Para generasi muda tersebut lahir di tahun 1997 sehingga di tahun ini mereka baru berusia 20 tahun. Di usia tersebut mereka sudah mengabdi selama lebih dari 1,5 tahun. Parade puisi tersebut dibawakan dengan iringan keoboard dan saxophone dari Abraham dan Andreas sehingga membuat puisi yang dibawakan menjadi semakin menarik. Setelah parade puisi, para pegawai menyanyikan lagu-lagu perjuangan yakni Hari Merdeka, Maju Tak Gentar, Dari Sabang Sampai Merauke, dan Bagimu Negeri.

Setelah lagu-lagu perjuangan dinyanyikan, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta yang diserahkan kepada pegawai termuda yakni Dian Sari Kurniasih, pegawai KPPBC TMP A Semarang dengan tanggal lahir 28 Juli 1997. Dirgahayu Republik Indonesia!!!