Bea Cukai Tanjung Emas mengadakan Retraining Operator Mobil X-Ray Kontainer Scanner HCVM di Ruang Workshop TPKS Pelabuhan Tanjung Emas. Retraining ini dilaksanakan mengingat banyak pegawai yang sudah pindah tugas, sehingga perlu regenerasi operator. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari, Senin, 22 Januari sampai Jum’at, 26 Januari 2018.

Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas, Tjertja Karja Adil dalam sambutannya menyampaikan “Tantangan kita semakin berat, 2017 kita memang bisa melewati target, itu adalah prestasi kita. Namun 2018 ini target custom clearance semakin dipercepat. Kedepan, kita harus kerja, cerdas, teliti dan professional. Itulah mengapa penggunaan tools ini harus dioptimalkan.” Dengan Scanner HCVM ini, dapat dilakukan pemeriksaan barang secara mendalam sehingga bisa diketahui lebih awal isi dari komoditi tersebut, apakah sesuai dengan pemberitahuan.

Retraining ini mengundang trainer dari HCVM Smith Detection Prancis dan dilakukan dalam 2 tipe, klasikal dan praktik. Hasil dari ujian pelatihan ini akan dikirim langsung ke Prancis, jika lulus akan diterbitkan sertifikat sebagai operator HCVM.

Anton Martin, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan KPPBC TMP Tanjung Emas menyampaikan, “Kegiatan ini adalah satu strategi kita untuk meningkatkan pengawasan, operator bukan hanya aset dari Bea Cukai Tanjung Emas, namun juga aset Direktorat Jenderal Bea Cukai.”

Diharapkan kegiatan ini dalam meningkatkan pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Tanjung Emas.