Pendidikan merupakan pondasi dalam pembangunan. Pendidikan adalah benih masa depan. Apabila benih yang ditanam berkualitas, maka akan tumbuh pula tanaman yang berkualitas. Begitupun dengan pendidikan, dengan pendidikan dasar yang baik maka lahirlah generasi emas pembangun bangsa di masa depan. Lantas siapa yang bertanggung jawab atas baik buruknya pendidikan? Sekolah? Guru? Orang tua? Pemerintah? Siapa? Tentu kita semua.

Dengan mengusung semangat untuk menginspirasi bibit penerus bangsa, relawan Kementerian Keuangan hadir dalam program Kemenkeu Mengajar. Sehingga untuk memperdalam pengetahuan kita terhadap program ini, pada Hari Kamis, tanggal 19 Oktober 2017 radio bctemas.fm mengundang Panitia Kemenkeu Mengajar 2 wilayah Semarang untuk mengisi talkshow di program “Ngobrol Bareng”. Narasumber yang menghadiri bctemas.fm saat itu ialah Febrianto Suryo Yudhistiro (Febri) dari DJKN, Andra Putra Pramudita (Andra) dari DJP, Fransisca Monica Ardina (Monic) dari DJP, dan Novita Kusuma Wardhani (Novi) dari DJBC. Sedangkan penyiar yang bertugas ialah Hening Sri Hidayati dan Desy Putri Rizkita.

Kemenkeu Mengajar merupakan gerakan mengajar satu hari di Sekolah Dasar negeri yang tersebar di berbagai daerah. Gerakan ini berangkat dari semangat kesukarelawan para penggiatnya. Di hari mengajar, para relawan akan memperkenalkan peranan dan profesi yang ada di Kementerian Keuangan yang disampaikan melalui metode pedagogik. Jenjang Sekolah Dasar dipilih karena masa kanak-kanak adalah masa di mana manusia bisa menyerap hal baik yang akan menjadi dasar dan melekat lama.

Latar belakang program Kemenkeu Mengajar tersebut ialah karena peranan Kemenkeu di Republik Indonesia yang sangat vital bagi kelangsungan hidup negara, maka peran tersebut perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Kegiatan ini mengusung semangat sukarela dan bersifat non-APBN sehingga tidak dibiayai APBN.

Kemenkeu Mengajar berawal pada tahun 2016 yang diselenggarakan di 6 daerah di wilayah Indonesia. Mengingat suksesnya penyelenggaraan tahun 2016, Kemenkeu Mengajar 2 pada tahun 2017 akan diselenggarakan di 51 kota/kabupaten di Indonesia. Seiring dengan perkembangan tersebut bctemas.fm berharap agar di tahun-tahun mendatang Kemenkeu Mengajar bisa lebih berkembang lagi.

Perbincangan yang asyik tersebut tidak akan berakhir di situ, crew bctemas.fm juga berencana untuk meliput kesuksesan Kemenkeu Mengajar 2 tersebut. Sukses selalu untuk Kemenkeu Mengajar!