Semarang (26/7/2018) – Ilmu Kepabeanan memang menjadi salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang (Polines). Namun untuk memperdalam ilmu tersebut, sejumlah 42 mahasiswa mendatangi Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Kamis (26/7).

“Para mahasiswa sudah mendapatkan Ilmu Kepabeanan dan Kepelabuhanan di kampus, tapi alangkah lebih baik jika mereka belajar langsung dengan petugas yang berkompeten di bidangnya,” ujar Dosen Pembimbing Yusmar Ardhi S.E.,M.Si.

Kepabeanan bukan hal yang asing bagi Mahasiswa Polines ini karena mereka sudah mengetahui dasarnya walaupun belum detil. Diskusi berjalan begitu interaktif, hal-hal yang belum mereka pahami dapat ditanyakan langsung dalam forum ini.

Tim Penyuluhan dan Layanan Informasi yang dikepalai oleh Heru Purwedi Sembiring menjelaskan tentang tugas dan fungsi Bea Cukai serta tatalaksana kepabeanan di bidang impor.

Heru juga mengajak para mahasiswa untuk turut serta menjaga kedaulatan Indonesia karena petugas tak akan mampu menjaga seluruh wilayah Indonesia yang begitu luas tanpa dukungan masyarakat sendiri terutama generasi muda.