Tim Sosialisasi PLI KPPBC TMP Tanjung Emas yang beranggotakan Yendra Roby, Catur Ariawan Prakosa, Ida Marwati, dan Anis Yulianti kembali mengadakan Sosialisasi tentang Barang Kiriman Pos dan Barang Bawaan Penumpang di PT. Rimba Ciptaan Indah, Kabupaten Kendal, pada Jumat, 7 Oktober 2016.

2

Sosialisasi yang dihadiri oleh 49 orang calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dibuka oleh Yendra Robi pada pada pukul 09.00 WIB. Kendati banyak yang ternyata belum mengenal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, terlebih calon TKI yang belum pernah sekalipun ke luar negeri, pada acara pembukaan ini, Yendra Robi memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi Bea Cukai, serta memberikan pemahaman akan pentingnya aturan-aturan kepabeanan dan cukai dimengerti oleh para calon TKI.

1Materi Barang Kiriman Pos dan Barang Bawaan Penumpang disampaikan oleh Catur Ariawan Prakosa dan Anis Yulianti. Pemberian materi berlangsung selama satu jam. Peserta sosialisasi begitu aktif dalam pemberian materi ini. Baik yang belum pernah sama sekali berhubungan dengan Bea Cukai, maupun yang pernah berinteraksi langsung dengan Bea Cukai. Para peserta juga diberikan beberapa pertanyaan tentang materi yang telah disampaikan oleh pemateri untuk mengukur sejauh mana pemahaman yang diterima oleh peserta.

3

Acara ditutup dengan penyerahan plakat oleh Tim Sosialisasi PLI KPPBC TMP Tanjung Emas kepada Perwakilan PT. Rimba Ciptaan Indah, Kendal. Yang terakhir dan tidak kalah penting yakni pengambilan foto bersama dengan para pihak yang mengikuti acara sosialisasi ini.