Bertempat di Ruang Pendidikan Lt.3 Gedung KPPBC TMP Tanjung Emas pada hari Rabu, 17 Desember 2014 telah dilaksanakan Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (PPKP) dengan tema ”Sinergi Dalam Bekerja” yang disampaikan oleh Kepala Seksi Manifest, Agung Setijono.

Pada pukul 07.30 WIB, acara dimulai dengan dihadiri seluruh pejabat dan pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas Semarang. Diawali  do’a dan menyanyikan lagu “Mars Bea Cukai”, acara dilanjutkan dengan pemberian materi PPKP oleh Bapak Agung Setijono. Pemberian materi dimulai dengan bermain game untuk mendorong agar para pegawai mau mengisi kursi kosong yang berada di barisan paling depan.

upload 1

Kemudian Beliau menampilkan tayangan singkat yang berhubungan dengan materi PPKP yang menggambarkan dua budaya dan kebiasaan masyarakat yang berbeda. Beliau menjelaskan tentang pengertian sinergi dari sudut pandang yang berbeda dibandingkan dengan pengertian sinergi nilai-nilai Kementerian Keuangan. Menurut Beliau, sinergi adalah interaksi / kerjasama untuk membuat suatu perubahan besar apabila dilakukan bersama daripada dilakukan sendirian. Suatu kerja sama dapat berjalan dengan baik apabila masing-masing individu melakukan tugasnya masing-masing.

 

Sinergi memiliki 3 (tiga) paradigma yaitu, Dependence (bergantung pada orang lain), Independence (mandiri), dan Interdependence (kerja sama). Manusia adalah makhluk yang sangat egois, selalu melihat diri sendiri baik. Manusia sangat senang melihat orang lain dan membicarakan kejelekannya. Namun untuk dapat menciptakan sinergi yang baik, kita harus mengetahui diri kita sendiri. Agar nantinya kita bisa melebur dalam suatu organisasi. Dalam melakukan sinergi diperlukan 3 (sikap) yang harus dimiliki oleh tiap-tiap individu yaitu : Proactive, Begin with the end in mind, dan Put first think first. Proactive memiliki arti bahwa kita jangan mengerjakan bisnis seperti biasa, dan jangan pula menjawab pertanyaan dengan jawaban yang biasa saja. Kita harus paham apa yang kita kerjakan. Begin with the end in mind berarti kita harus mempunyai visi yang jauh kedepan, jangan hanya bermimpi untuk meraih impian jangka pendek. Sedangkan Put first think first memiliki arti kita harus menjalani prosesnya satu demi satu. Jangan pernah berfikir pekerjaan yang kita lakukan tidak mempengaruhi pekerjaan orang lain. Terakhir, beliau menutup materi dengan memberikan kesimpulan dalam satu kalimat “Win-win solution, I am happy you are happy”