Bertempat di Ruang Pendidikan Lantai 3 KPPBC TMP Tanjung Emas, seusai apel dilaksanakan PPKP mengenai Pengajuan Keberatan yang disampaikan oleh Kepala Subseksi Administrasi Penerimaan dan Jaminan, Rommy Ardianto.

Pengajuan keberatan, merupakan hak yang diberikan kepada pengguna jasa atas penetapan pejabat bea dan cukai. Penetapan Pejabat Bea dan Cukai yang dapat diajukan keberatan adalah:

  1. Tarif dan/atau nilai pabean untuk penghitungan bea masuk yang mengakibatkan kekurangan pembayaran bea masuk, cukai dan pajak dalam rangka impor;
  2. Selain tarif dan/atau nilai pabean untuk penghitungan bea masuk; atau
  3. Pengenaan sanksi administrasi berupa denda.

Siapa yang berhak mengajukan keberatan?

Pemohon yang berhak mengajukan keberatan adalah:

  1. Importir, eksportir, pengusaha tempat penimbunan sementara, pengusaha tempat penimbunan berikat, pengusaha pengurusan jasa kepabeanan, atau pengusaha pengangkutan;
  2. Orang yang namanya tercantum di dalam Angka Pengenal Impor (API); atau
  3. Orang yang diberi kuasa oleh orang sebagaimana dimaksud pada huruf a atau b.

artikel terkait : keberatan dan banding

Beliau juga menyampaikan mengenai jangka waktu pengajuan keberatan yaitu 60 (enam puluh) hari sejak tanggal penetapan, apabila sudah melewati jangka waktu tersebut maka hak untuk mengajukan keberatan gugur.

PPKP kali ini juga dikemas secara menarik dengan adanya kuis pengetahuan umum ditengah-tengah materi dan yang berhasil menjawab mendapat hadiah menarik dari pemateri. PPKP rutin dilakukan setiap bulan untuk menambah wawasan pejabat dan pegawai mengenai   bea dan cukai.