sapi impor

ebanyak 7.259 ekor sapi impor asal Australia tiba di Pelabuhan Belawan Sumatera Utara, Selasa 28 Juni 2016. Pasokan sapi asal negeri Kanguru ini untuk menekan lonjakan harga daging menjelang perayaan hari raya Idul Fitri 2016.

Dari pantauan, ribuan ekor sapi ini diangkut dengan menggunakan kapal kargo MV Gelbray Express dan diturunkan dengan menggunakan truk khusus pengangkut sapi. Setelah diturunkan, petugas pun melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap sapi impor tersebut.

“Sapi-sapi ini untuk mengantisipasi kebutuhan saat hari besar lebaran. Nanti sapi-sapi ini akan ditempatkan di sejumlah wilayah di Sumatera Utara,” kata Asisten Manajer Hukum dan Humas Pelindo I Cabang Belawan, Roswita.

Berbeda dengan di Provinsi Jambi, saat ini harga daging sapi di sana masih Rp150 ribu per kilogram. Kenaikan harga ini dipicu semakin sulitnya para pedagang menemukan sapi di tingkat peternak.

Jika pun ada, tentunya harga sapi tersebut harus ditebus dengan harga yang jauh lebih mahal. “Kami akan lakukan operasi pasar untuk menekan harga jual ini. Mudah-mudahan bisa terpenuhi untuk lebaran,” kata Wali Kota Jambi, Syarif Pasha.

http://nasional.news.viva.co.id/news/read/791195-ribuan-sapi-australia-tiba-di-sumatra-utara-demi-tekan-harga