Kamis, 20 Juli 2017 KPPBC TMP Tanjung Emas mendapat kunjungan dari tim Kepatuhan Internal Kantor Pusat bersama dengan Tenaga Pengkaji Bidang Pelayanan dan Penerimaan Kepabeanan dan Cukai. Kunjungan tersebut terkait pemantauan langsung proses kepabeanan di pelabuhan Tanjung Emas. Hal ini dilakukan untuk mensinergikan kebijakan dan peraturan yang ada dengan praktek di lapangan.

Sebelumnya, tim dari kantor pusat melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Kepala Kantor KPPBC TMP Tanjung Emas, Kepala Bidang Kepatuhan Internal Kantor Wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, dan Kepala Seksi terkait. Setelah itu, segenap rombongan langsung menuju ke pelabuhan Tanjung Emas untuk melaksanakan peninjauan langsung.

Tim dari kantor pusat dan Kepala Kantor KPPBC TMP Tanjung Emas memberikan pembekalan kepada pemeriksa barang impor secara teknis dan non teknis di kantor lama Bea Cukai Tanjung Emas yang sekarang ditempati oleh para pemeriksa barang. Tenaga Pengkaji III yang diwakili oleh Dwijo Muryono memberikan pengarahan kepada para pemeriksa. Segenap pemeriksa diberikan penguatan untuk selalu melaksanakan tugas secara profesional dan menjaga integritas. Di samping itu, disampaikan juga kepada para pemeriksa untuk memberikan penjelasan secara lengkap dan jelas terhadap hasil pemeriksaan barang impor yang dilakukan. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan keputusan yang akurat pada proses selanjutnya. Terjadi sejumlah diskusi dalam pembicaraan tersebut. Pemeriksa menyampaikan tantangan dan hambatan yang selama ini terjadi di lapangan. Pimpinan mendengar dan menerimanya. Kemudian tak jarang pimpinan memberikan masukan secara teknis dalam melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang tertentu. Kemudian masukan untuk dilakukannya pengembangan sarana dan prasarana tempat pemeriksaan barang impor juga menjadi bahasan dalam pertemuan tersebut.

Kemudian rombongan yang terdiri dari perwakilan Direktorat Kepatuhan Internal, perwakilan Tenaga Pengkaji III, Kepala Kantor KPPBC TMP Tanjung Emas, Kepala Bidang Kepatuhan Internal Kanwil Jateng dan D.I.Y, Kepala Seksi P2 dan PKC II, serta para pelaksana berkunjung ke Terminal Petikemas Semarang (TPKS). Nampak langit mulai mendung. Protokoler pelabuhan, La Ode Sarifin menjelaskan area-area dalam TPKS dari CY I (satu) sampai dengan CY VI (enam). Sesampainya di CY III (tiga), dilakukan peninjauan terhadap pemeriksaan fisik barang. Langit yang mendung mulai meneteskan hujan. Meskipun begitu, peninjauan ini tetap dilaksanakan. Bahkan para pimpinan turut serta menyaksikan langsung proses pemeriksaan barang yang sedang dilakukan. Hujan yang ada tidak menyurutkan semangat para pemeriksa barang. Tidak lupa, barang-barang yang diperiksa ditutupi dengan terpal agar tidak terkena air hujan. Terlihat juga di sudut yang lain barang impor dikeluarkan seluruhnya dari container tanda pemeriksaan barang masih dilakukan.

Melanjutkan perjalanan ke Pusat Logistik Barang (PLB) yang berfungsi juga sebagai TPS. Di sana dilakukan peninjauan  tentang kelayakan tempat, batas-batas lokasi, dan kesiapan tempat penimbunan barang. PLB yang berada terpisah dari area TPKS ini bertujuan untuk menghindari penumpukan barang (congesti).

Peninjauan ini dilakukan untuk mendorong para pegawai bea dan cukai, khususnya yang menjalankan tugas sebagai pemeriksa barang impor untuk bekerja secara profesional dan menjaga integritas. Kunjungan ke TPKS dan TPS juga dapat dijadikan masukan para pimpinan untuk melaksanakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait guna melakukan perbaikan terus menerus. Dikatakan oleh La Ode Sarifin yang bertugas menjelaskan area-area yang ada di TPKS bahwa ia terkesan dengan apa yang disampaikan oleh Dwijo Muryono selaku Tenaga Pengkaji III. Dia berkata ”Bekerja harus ikhlas karena segala sesuatunya sudah ditakdirkan, jadi jalani saja tugas dan kewajiban kita sebaik-baiknya” tuturnya dengan mantap.