DSC_0029Kamis 30 Juli 2015 KPPBC TMP Tanjung Emas menyelenggarakan sosialisasi pembekalan barang bawaan penumpang dan barang kiriman kepada calon TKI yang berafiliasi dengan PT Graha Mitra Balindo, sebuah Perusahaan Penyalur Tenaga Kerja Indonesia di kota Semarang. Tim yang terdiri dari Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi serta Seksi Kepabeanan dan Cukai KPPBC TMP Tanjung Emas berkesempatan menyambangi satu kelas calon TKI yang akan diberangkatkan ke negara-neagara di Asia seperti Hongkong, Singapura, Malaysia, Taiwan dan Korea.

Acara sosialisasi diawali pukul 09.00 WIB dengan doa bersama dan dibuka secara menarik oleh Kepala Subseksi Penyuluhan Yendra Robi. Materi yang disampaikan dikemas sedemikian rupa agar terasa dekat dengan dunia praktis para calon TKI. Mulai dari pengiriman barang dari luar negeri untuk keluarga di Indonesia, hingga cara mudah mengenali petugas DJBC di bandara. Acara semakin meriah ketika Kepala Subseksi Kepabeanan dan Cukai, Julianto, turut menyampaikan pembekalan terkait barang bawaan penumpang. TKI dari luar negeri dapat membawa barang bawaan penumpang dengan mendapat pembebasan sebesar 250 USD per orang atau 1000 USD per keluarga. Tidak diperbolehkan membawa minuman mengandung etil alkohol lebih dari 1 liter. Dan membawa rokok/ sigaret maksimal 40 batang, serta cerutu maksimal 10 batang.

DSC_0027Tanpa terasa dua jam sosialisasi berjalan dengan segar dan santai. Yang menarik  adalah sikap peserta yang tampak selalu antusias dan menujukan  seorang calon TKI yang terlatih. Selalu memohon ijin sebelum bertanya dan di akhiri ucapan terimakasih. Hal yang nampak sepele namun sejatinya subtantif bagi kompetensi seoarng TKI di tempat kerjanya kelak.