Semarang (25/10/2018) – 34 siswa dan 4 guru SMK Tamansiswa Sukoharjo berkunjung ke Bea Cukai Tanjung Emas untuk mengenal lebih dalam tentang Bea Cukai, Kamis (25/10).

Kunjungan ke Bea Cukai Tanjung Emas ini merupakan kunjungan pertama kali SMK Tamansiswa Sukoharjo ke Kantor Bea Cukai. Meskipun memperoleh mata pelajaran perpajakan, ilmu kepabeanan dan cukai ternyata belum tersentuh oleh sekolah ini.

“Kami mendapat info tentang Bea Cukai dari internet. Dari sumber yang kami baca, Bea Cukai juga memungut pajak Pasal 22, jadi kami bermaksud mengetahui tentang tugas Bea Cukai dalam pemungutan pajak impor,” ungkap Sujadi, Kepala Jurusan Akuntansi SMK Tamansiswa Sukoharjo.

Pelaksana Penyuluhan Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Anis Yulianti menjelaskan tugas pokok dan fungsi Bea Cukai.

“Tak hanya memungut Bea Masuk dan Pajak Impor, Bea Cukai juga menjalankan tugas lain yakni memfasilitasi perdagangan internasional, melindungi industri dalam negeri, juga melindungi masyarakat Indonesia dari masuknya barang-barang bahaya dari luar negeri,” Jelas Anis.

Dalam kesempatan ini, pelaksana penyuluhan Dwi Suprihono juga menjelaskan tentang aturan barang kiriman dan barang penumpang, mulai dari peraturan hingga perhitungan Bea Masuk dan Pajak Impor.