Semarang (02/05/2018) – Sejumlah 85 taruna dan taruni Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang kunjungi Kantor Bea Cukai Tanjung Emas untuk mendapatkan ilmu tentang Tatalaksana Kepabeanan di Bidang Ekspor dan Impor, Rabu (02/05).

Kunjungan PIP Semarang ke Kantor Bea Cukai Tanjung Emas memang bukan untuk pertama kalinya dilaksanakan. Hampir tiap tahun politeknik ini selalu memboyong para tarunanya untuk tahu lebih dalam tentang ilmu Bea Cukai yang berkaitan erat dengan studi yang mereka tempuh.

“Yang ada di hadapan Bapak ini adalah taruna jurusan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan dimana ada konsentrasi di dalam pembimbingan kami sehingga outputnya nanti mereka bisa memahami ekspor maupun impor yang merupakan wilayah kerja Bea Cukai,” ucap Daryanto, dosen pembimbing PIP Semarang dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Heru Purwedi Sembiring, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) Kantor Bea Cukai Tanjung Emas menjelaskan secara umum tentang tugas dan fungsi Bea Cukai yang fungsi utamanya adalah mengawasi lalu lintas barang yang masuk dan keluar Indonesia.

Pelabuhan merupakan salah satu entry point atau gerbang masuknya barang dari luar Indonesia dimana banyak sekali instansi yang berperan di sana, baik dalam kegatan pre-customs clearance, customs clearance, dan post-customs clearance. Kegiatan di pelabuhan ini lah yang menjadi fokus pembelajaran para taruna PIP Semarang.

Selain tugas dan fungsi, lebih detil tentang tatalaksana ekspor dan impor dijelaskan oleh RIna Indrarti, Kepala Subseksi Layanan Informasi Kantor Bea Cukai Tanjung Emas.