Rabu, 24 Mei 2017, sebanyak 35 orang mahasiswa dan 5 orang dosen pendamping dari LP3I Semarang berbondong mengunjungi KPPBC TMP Tanjung Emas untuk mencari pengetahuan tentang Bea Cukai.

LP3I merupakan lembaga pendidikan yang mendidik mahasiswanya untuk siap bekerja setelah lulus nanti. Bidang kerja yang nantinya akan mereka tekuni sangat variatif dan tidak mustahil juga mereka akan berurusan dengan kegiatan ekspor dan impor. Atas kesadaran itulah para mahasiswa LP3I Semarang mengunjungi KPPBC TMP Tanjung Emas untuk tahu lebih banyak tentang Bea Cukai khususnya di Bidang Ekspor dan Impor.

Acara kali ini dibuka langsung oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Heru Purwedi Sembiring. Ia menyampaikan secara singkat gambaran umum tentang tugas dan fungsi Bea Cukai. Wahyu Yuli Ariyanti, selaku Head of Education LP3I Semarang yang menjadi pendamping mahasiswa dalam melakukan kunjungan ini juga menyampaikan sambutannya.

Lebih jauh tentang tugas dan fungsi serta tata laksana kepabeanan di bidang ekspor dan impor disampaikan oleh Rina Indrati, Kepala Subseksi Layanan Informasi. Dalam menyampaikan materi, tak lupa Rina membubuhkan beberapa video untuk membuat para mahasiswa lebih paham dengan materi yang disampaikan.

Acara ditutup dengan tanya jawab yang diapndu oleh Heru dan Rina. Muncul banyak pertanyaan kritis yang diajukan oleh para mahasiswa yang dapat dijawab dengan sangat baik oleh pemateri. Diharapkan dengan komunikasi dua arah seperti ini dapat membuat peserta tahu lebih jauh tentang Bea Cukai.