DSC_0617Senin, 18 Agustus 2014, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai  (KPPBC) Tipe Madya Pabean Tanjung Emas, mendapat kunjungan dari mahasiswa Politeknik Negeri Semarang. Didampingi dua dosen pembimbing, Ibu Budiyani dan Ibu Giatri, sejumlah 48 (empatpuluh delapan) mahasiswa peserta kunjungan tiba pukul 08.45 WIB. Memasuki lobi KPPBC TMP Tanjung Emas, para peserta tampak bergegas masuk penuh semangat dan keceriaan.

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari program intrakurikuler Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Tahun 2014  Politeknik Negeri Semarang untuk mahasiswa tingkat II (dua) jurusan Akuntansi, Program Studi Perbankan Syariah, dan Komputerisasi Akuntansi. Dalam kesempatan tersebut mahasiswa peserta kunjungan mendapat sosialisasi dari seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) KPPBC TMP Tanjung Emas terkait pengenalan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, informasi mengenai impor, ekspor dan barang kiriman.

Bertempat di Ruang Pendidikan Lt.3 KPPBC TMP Tanjung Emas, acara dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Diawali dengan pembukaan berupa sambutan dari Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Imam Sarjono, dan sambutan dari  Politeknik Negeri Semarang diwakili Ibu Giatri.  Memasuki sesi pemaparan materi sosialisasi, para peserta terlebih dahulu diajak “nonton bareng” video profile KPPBC TMP Tanjung Emas dan profil DJBC. Selanjutnya Kasubsi Penyuluhan, Yendra Robi, menyampaikan materi pengenalan DJBC dan Impor. Adapun materi terkait ekspor dan barang kiriman disampaikan oleh staf Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Kurniawan Setiyadi.  Penyampaian materi berjalan secara interaktif dan diberikan kesempatan tanya jawab di akhir pemaparan hingga tanpa terasa 2x 45 menit telah berlalu.

Memasuki akhir acara adalah closing statement dari Kasi PLI, dengan penekanan pada komitmen DJBC untuk terus berbenah demi melayani masyarakat . Kemudian closing statement dari perwakilan Politeknik Negeri Semarang yang menyatakan harapan kepada DJBC agar menjadi institusi yang terbaik dalam melayani masyarakat. Acara dilanjutkan dengan pemberian souvenir kepada mahasiswa yang aktif selama sesi pemaparan sosialisai. Kemudian diakhiri dengan bertukar cinderamata antara KPPBC TMP Tanjung Emas dan Politeknik Negeri Semarang, doa bersama dan sesi foto.

 

(kur/plitemas)