Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Tanjung Emas, kembali kedatangan tamu dari salah satu sekolah pelayaran terbaik di kota Semarang yaitu Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) pada hari Senin, 8 Desember 2014. 67 peserta yang terdiri dari 63 taruna dan taruni serta 4 orang dosen pendamping tiba sekitar pukul 8.40.

Kunjungan tersebut awalnya direncanakan pada bulan November namun dikarenakan padatnya kegiatan di KPPBC TMP Tanjung Emas, kunjungan tersebut baru dapat terlaksana pada awal Desember. Para peserta yang hadir merupakan taruna dan taruni tingkat II semester I yang masih awam dengan proses kepabeanan, mereka berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pendalaman materi kepelabuhanan sesuai dengan mata kuliah yang mereka terima.

DSC_0256

Seperti biasa rundown kegiatan kunjungan terdiri dari sambutan, pengenalan kantor dan pemaparan materi tentang ekspor dan impor. Kursi yang tersedia di Ruang Pendidikan Lt.3 KPPBC TMP Tanjung Emas telah terisi penuh, maka dimulailah acara pada pagi itu. Diawali dengan pembukaan berupa sambutan oleh Kepala Kantor namun dikarenakan ada rapat yang harus beliau pimpin maka sambutan diwakili oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Imam Sarjono, dilanjutkan oleh dosen pendamping, Bapak Daryanto.

Sebelum memasuki sesi pemaparan materi, taruna dan taruni disuguhi tayangan berupa video profile Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Didalam video tersebut terdapat penjelasan mengenai tugas pokok serta fungsi dari DJBC. Pemaparan pertama mengenai tata laksana ekspor disampaikan Azhari, yang pada awal sesinya menjelaskan kembali tentang tugas pokok serta fungsi dari DJBC. Kemudian materi tentang tata laksana impor disampaikan oleh Danang. Untuk merefresh konsentrasi para peserta diantara sesi materi disisipkan video-video yang cukup menghibur.

DSC_0269

Dibuka dua termin sesi pertanyaan sebelum memasuki akhir acara, kesempatan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta untuk memenuhi rasa ingin tahu mereka. Sebagai wujud apresiasi atas keaktifan selama acara, peserta yang terpilih menerima kenang-kenangan dari KPPBC TMP Tanjung Emas. Acara ditutup oleh Bapak Imam Sarjono dan dilanjutkan dengan doa bersama, kami berharap materi yang telah disampaikan dapat membantu taruna dan taruni dalam menghadapi dunia kerja kelak.

Kerja sama merupakan salah satu perwujudan dari nilai-nilai kementerian keuangan, ya benar.. itu adalah Sinergi

&/plit