Semarang (04/09/2018) – Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Bea Cukai Tanjung Emas melakukan kunjungan ke Pelabuhan Tanjung Emas yang bertempat di Semarang Utara.

Kunjungan dipandu oleh Lutfi Ardyanto, Sulistyo Wahyu, dan Adhitya Oscha yang merupakan pegawai Bea  Cukai Tanjung Emas, dengan diikuti oleh 32 peserta mahasisiwa PKL. Kunjungan tersebut dilaksanakan ke empat tempat, yang diantaranya Mobil Gamma Ray Container Scanner (HCVM), Gate, Tempat Penimbunan Sementara (TPS), dan Container Freight Station (CFS).

Lokasi pertama adalah mobil untuk scan Container menggunakan Gamma Ray (HCVM). Di lokasi ini, mahasiswa diperlihatkan bagaimana proses pengecekan kontainer menggunakan gamma ray. Selain itu mereka juga diberikan kesempatan secara langsung untuk melakukan pengecekan dan perekaman gambar menggunakan gamma ray.

Lalu, mahasiswa PKL dibawa berkunjung ke Gate, dimana para pengangkut barang impor maupun ekspor menyerahkan dokumen yang dipersyaratkan kepada petugas Bea dan Cukai, sebelum memasuki atau keluar dari pelabuhan.

Pada lokasi berikutnya, mahasiswa PKL diarahkan ke lokasi ketiga yang merupakan Tempat Penimbunan Sementara (TPS). Mahasiswa PKL diberikan penjelasan sekaligus diperlihatkan proses pembongkaran barang impor, mahasiswa juga diberi tugas melakukan praktek identifikasi barang impor untuk menentukan apakah barang yang diimpor sesuai atau tidak dengan spesifikasi yang telah dicantumkan di dalam dokumen.

Lokasi Terakhir bertempat di CFS, yaitu mode pengiriman dari Gudang LCL Negara asal sampai ke Gudang LCL Negara tujuan.  Pembongkaran di lokasi ini hanya dilakukan pada kontainer LCL.