Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai seringkali berhubungan dengan instansi teknis terkait. Begitu pula dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Emas yang sangat berhubungan erat dengan PT. Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang.

Hubungan antara KPPBC TMP Tanjung Emas dengan PT. Angkasa Pura I sudah semestinya terjalin dengan baik karena salah satu tugas KPPBC TMP Tanjung Emas yaitu mengawasi pemasukan barang dari luar negeri melalui Bandara Ahmad Yani.

Untuk meningkatkan pelayanan publik oleh kedua instansi ini, PT. Angkasa Pura I melakukan upaya-upaya untuk memperbaiki fasilitas bandara, salah satunya pada bagian terminal penumpang internasional yang di dalamnya merupakan tempat dimana petugas KPPBC TMP Tanjung Emas bertugas. Untuk itu, PT. Angkasa Pura I dan KPPBC TMP Tanjung Emas melaksanakan koordinasi terkait fasilitas apa saja yang perlu ditambah dan diperbaiki di Bandara Ahmad Yani.

Koordinasi ini dilaksanakan di Ruang Rapat Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas, Jumat, 26 Januari 2018, yang dihadiri oleh Tjertja Karja Adil, Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas, beserta tim. Sedangkan dari PT. Angkasa Pura I diwakili oleh Priyono beserta tim.

Sinergi baik yang dijalin oleh kedua instansi ini diharapkan dapat menghasilkan pelayanan yang baik kepada para penumpang Bandara Ahmad Yani pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.