Semarang (14/03/2019) – Bertugas sebagai Community Protector, Bea Cukai Tanjung Emas memberikan Kelas Inspirasi bagi siswa SMPN 1 Semarang sebagai edukasi dini peran Bea Cukai dalam mengamankan negara dari bahaya narkotika, Rabu, 13/03/2019.

Bea Cukai berkomitmen untuk menginspirasi siswa agar termotivasi untuk memiliki cita-cita yang besar, dan selalu semangat meraihnya. “Melalui program ini, diharapkan para penerus bangsa ini dapat terinspiasi menjadi pribadi yang beintegritas mencintai bangsa dan negara sesuai nilai-nilai yang menjadi dasar Direktorat Jenderal Bea dan Cukai,” Tegas Kepala Seksi PLI Bea Cukai Tanjung Emas, Heru Purwedi Sembiring.

Salah satu fungsi utama DJBC adalah sebagai Community Protector, menjelaskan bahwa Bea Cukai melindungi masyarakat dari barang-barang terlarang terutama Narkoba. “Kami berpesan kepada adik-adik, bantu Bea Cukai dengan menjaga diri, jangan sampai bersentuhan apalagi menggunakan narkoba”, tambah Heru.

“Bagaimana saya bisa jadi Bea Cukai, supaya bisa ikut mengamankan negara pak?” siswa terlihat sangat antusias ketika diberikan penjelasan mengenai Kepabeanan dan Cukai, terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab.

Kegiatan ditutup dengan menampilkan video inspirasi tentang Oshira, Anjing Pelacak dari Unit K-9 Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang bertugas melacak narkotika pada barang bawaan penumpang di bandara. Diharapkan melalui kelas inspirasi ini, siswa dapat lebih mengenal Bea Cukai.