Semarang (31/09/2019) – Seluruh Jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), termasuk Bea Cukai Tanjung Emas hadiri upacara peringatan Hari Oeang ke -73 sekaligus peringati Hari Sumpah Pemuda, Selasa (30/10/19) di Gedung Keuangan Negara Semarang II.

Menariknya, seluruh peserta upacara menggunakan pakaian adat dari seluruh wilayah Indonesia “Hari ini kita melihat di lapangan upacara beragamnya baju-baju daerah yang menggambarkan kekayaan Republik Indonesia. Kekayaan karena adanya ke Bhinekaan, yang membuat kita menjadi manusia yang lebih mendekati kemanusiaan,” pesan Menteri Keuangan, Sri Mulyani yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Tengah, Parjiya.

“Seluruh pegawai Kementerian Keuangan terutama Direktorat Jenderal Bea Cukai, harus memelihara kesatuan dalam Kebhinekaan, memahami perbedaan dan menciptakan persatuan diseluruh Tanah Air. Mengingat seluruh pegawai Bea Cukai bertugas diseluruh Nusantara” imbuh Tjertja Karja Adil, Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas dengan mengenakan Pakaian Adat Padang, saat ditemui dalam acara.

Terkait Sumpah Pemuda Tjertja mengungkapkan agar semangat perjuangan pemuda 1928 harus selalu diwariskan kepada seluruh pemuda masa kini. Terutama bagi pegawai Bea Cukai untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat, integritas yang harus selalu ditingkatkan dalam melaksanakan tugas.

Melalui tema Maju Bersama Hadapi Tantangan, Kemenkeu akan terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Sesuai dengan harapan Sri Mulyani, agar seluruh jajaran Kementerian Keuangan punya mental untuk selalu belajar dan meningkatkan diri di tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu.