Jumat, 5 Mei 2017, KPPBC TMP Tanjung Emas menerima kunjungan dari mahasiswa IAIN Surakarta lagi. Namun berbeda dengan kemarin kunjungan berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, kali ini kunjungan dilakukan oleh Fakultas Usluhuddin dan Dakwah.

Acara diikuti oleh 29 orang peserta yang terdiri dari 27 orang mahasiswa dan dua orang dosen pendamping dilaksanakan di Ruang Pendidikan KPPBC TMP Tanjung Emas. Tepat pukul 09.00 WIB acara sosialisasi dengan Tema “Lebih Dekat dengan Bea Cukai” dibuka langsung oleh Kepala Kantor, Tjertja Karja Adil. Dilanjutkan dengan sambutan dari dosen pendamping dari IAIN Surakarta.

Materi tentang tugas pokok dan fungsi Bea Cukai disampaikan oleh Rina Indrati, Kasubsi Layanan Informasi KPPBC TMP Tanjung Emas. Ia menjelaskan tentang dasar hukum yang digunakan oleh Bea Cukai dalam menjalankan tugasnya, pengertian tentang kepabeanan, serta aturan barang kiriman pos.

Sebelum melanjutkan materi, Yendra Robi, Kasubsi Penyuluhan KPPBC TMP Tanjung Emas memberikan sedikit permainan untuk menambah semangat para peserta. Setelah suasana sedikit cair, acara dilanjutkan dengan Materi Barang Bawaan Penumpang oleh Anis Yulianti, Pelaksana Seksi PLI.

Sesi terakhir, yaitu Tanya Jawab, dipandu oleh Yendra Robi dan Rina Indrati. Banyak sekali pertanyaan yang diajukan peserta, yang menandakan antusiasme dan keingintahuan mereka begitu besar tentang Bea Cukai.

Semoga ilmu yang mereka dapatkan hari ini dapat bermanfaat dan masyarakat semakin terbuka wawasannya tentang Kepabeanan dan Cukai.