Jumat, 19 Mei 2017

Pada bulan Mei 2017 ini, KPPBC TMP Tanjung Emas banyak menerima kunjungan dari beberapa universitas, salah satunya yaitu IAIN Surakarta, tidak hanya satu kali atau dua kali namun mereka berkunjung tiga kali ke KPPBC TMP Tanjung Emas ini. Setelah sebelumnya dari Fakultas Ekonomi & Bisnis dan Fakultas Ushuluddin & Dakwah, kali ini juga datang dari Fakultas Ushuluddin & Dakwah. Kunjungan terdiri dari 25 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing.

Acara diawali dengan sambutan oleh Hafni Khairunnisa, dosen pembimbing IAIN Surakarta, beliau menyampaikan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan untuk kedua kalinya berkunjung selalu disambut dengan baik dan berpesan kepada para mahasiswa agar dapat mengikuti acara dengan seksama dan mengambil pengetahuan yang diberikan mengenai tugas dan fungsi bea cukai. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Seksi PLI, Heru Purwedi, beliau menyampaikan selamat datang dan selamat menimba ilmu selama beberapa jam ke depan.

Materi tugas dan fungsi bea cukai disampaikan oleh Rina Indrati, Kasubsi Layanan Informasi. Dalam materi tersebut dijelaskan dasar hukum pelaksanaan tugas DJBC, tugas dan fungsinya, dimana saja tempat bertugas bea cukai, dan tempat-tempat pengawasan bea cukai. Setelah materi disampaikan dengan lengkap dan singkat, dibuka sesi pertanyaan yang dipimpin oleh Kasi PLI, Heru Purwedi.

Banyak sekali pertanyaan yang diajukan oleh para mahasiswa, ini adalah bukti bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bea cukai dan rasa keingintahuan masyarakat tentang bea cukai. Dengan acara-acara seperti ini tentu sangat berdampak positif bagi DJBC karena akan lebih dikenal oleh masyarakat.