Hari Pabean Internasional atau yang sering disingkat HPI merupakan hari cukup spesial bagi seluruh institusi kepabean di seluruh dunia. HPI jatuh pada tanggal 26 Januari dan diperingati dengan cara yang berbeda-beda.

Kita ambil contoh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Tengah dan DIY, memperingati HPI yang ke 63 ini dengan mengadakan berbagai kegiatan diantaranya donor darah, pertandingan olahraga, dan juga permainan. Sebagai bagian dari Kanwil DJBC Jateng dan DIY, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Tanjung Emas tentunya turut memeriahkan acara peringatan tersebut.

Kegiatan yang dimulai sejak tanggal 20 Januari 2015 ini diawali dengan kegiatan donor darah yang sebelumnya juga telah kami ceritakan pada artikel sebelumnya. Kali ini tim PLI Tanjung Emas meliput kegiatan pada hari kedua, yaitu pertandingan olahraga bola voli.

DSC_0544

Pertandingan dimulai pada pukul 08.00, yang diawali pertandingan voli putri antara tim darma wanita bea cukai melawan tim campuran pegawai wanita  Kanwil DJBC Jateng dan DIY serta KPPBC TMP Tanjung Emas. Kemudian dilanjutkan pertandingan voli putra yang terdiri dari 8 tim, pertandingan pertama antara tim Kanwil DJBC Jateng dan DIY dan tim KPPBC Yogya, dilanjutkan pertandingan antara tim KPPBC TMP Tanjung Emas A dan tim KPPBC Surakarta. Kemudian pertandingan antara tim KPPBC Purwokerto dan tim KPPBC Kudus, dan yang terakhir pertandingan tim KPPBC TMP Tanjung Emas B dan KPPBC Cilacap. 8 tim bertanding demi mendapatkan 4 tempat di semi final yang akan diadakan sore hari.

DSC_0637

Setelah serangkaian pertandingan yang tidak hanya menguras tenaga para pemain namun juga emosi para penonton pun ikut tercurahkan kemarin. 4 tim yang lolos ke semi final kembali beradu kemampuan, dan akhirnya tim yang melaju ke babak final yaitu 2 tim yang difavoritkan sebagai juara yaitu tim KPPBC Tanjung Emas A melawan tim KPPBC Cilacap. Pertandingan pun dilanjutkan hingga menjelang malam hari. Pemenang pada pertandingan voli putra pun telah ditentukan yaitu tim KPPBC Cilacap dengan skor akhir 2-1.

Bagaimana keseruan peringatan HPI tahun ini? Tunggu liputan tim berikutnya pada artikel selanjutnya.

Masih penasaran? Berikut sedikit gallery bagaimana gambaran keseruan pertandingan hari ini.