FGD Strategi Pengembangan Umkm

Bertempat di Astoria Room Hotel Dafam telah dilaksanakan Focus Group Discussion yang diinisiasi oleh Bappeda Kota Semarang pada tanggal 21 Mei 2019. Dibuka secara resmi oleh Dr. Bunyamin, M.Pd., acara ini dimaksudkan untuk menyusun strategi pengembangan UMKM Kota Semarang.

Pada kesempatan tersebut Dr. Bunyamin menyampaikan bahwa konsep perencanaan pembangunan Kota Semarang berbasis pada 4 (empat) pilar segitiga yaitu: (1) infrastruktur, (2) ekonomi kreatif, (3) pemerintahan, sosial, budaya, dan (4) pariwisata kreatif. Namun demikian tetap diperlukan komunikasi untuk mengidentifikasi persoalan konkret yang dihadapi oleh para pelaku usaha khususnya UMKM sehingga kegiatan FGD ini dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Selanjutnya pada kesempatan yang sama Heru Purwedi Sembiring selaku Kepala Seksi PLI KPPBC TMP Tanjung Emas menyampaikan bahwa Bea Cukai Tanjung Emas menyambut baik kegiatan ini dan berharap UMKM dapat semakin optimal dalam menggelorakan kegiatan ekonomi dan bisnis. Lebih lanjut Heru juga menyampaikan bahwa Bea Cukai memfasilitasi UMKM yang hendak melaksanakan kegiatan ekspor dan impor.