1) Bagaimana untuk mengetahui tarif cukai dan batasan jumlah produksi untuk menentukan golongan dan batasan HJE perbatang atau per gram produksi dalam negeri?
Untuk mengetahui batasan produksi untuk menentukan golongan dan batasan HJE perbatang atau per gram telah diatur pada peraturan Menteri Keuangan tentang Tarif Cukai hasil tembakau (HT).

2) Bagaimana untuk mengetahui tarif cukai dan batasan HJE perbatang atau per gram untuk tiap jenis HT yang diekspor dan diimpor?
Tarif cukai dan batasan HJE perbatang atau pergram adalah sebagai berikut:
• Untuk tujuan impor, tarif cukai dan batasan HJE perbatang atau pergram, telah diatur pada peraturan Menkeu tentang Tarif Cukai HT.
• Untuk tujuan ekspor, batasan HJE perbatang atau pergram ditetapkan sama dengan HJE perbatang atau pergram untuk setiap jenis HT dari jenis dan merek HT yang sama yang ditujukan untuk pemasaran didalam negeri yang telah diatur pada peraturan Menkeu tentang Tarif Cukai HT.

3) Apa ada hal-hal lain dalam perhitungan penetapan batasan HJE dan tarif perbatang atau gram tiap jenis HT dari masing-masing golongan? Dalam perhitungan HJE, bagaimana untuk mengetahui tarif cukaidan batasan HJE terendah perbatang atau pergram untuk setiap jenis hasil HT yang diimpor dan diekspor?
Untuk dapat digolongkan dalam penetapan tarif cukai perbatang atau gram untuk setiap jenis-jenis HT ditentukan berdasarkan jenis dan jumlah produksi dan :
• HJE yang tercantum dalam penetapan tarif cukai yang masih berlaku berdsarkan peraturan Menter Keuangn nomor 203/PMK.011/2008 tentang tarif cukai hasil tembakau;
• HJE yang diberitahukan oleh pengusaha pabrik HT untuk HT merek baru; atau
• HJE yang mengalami kenaikan. HJE harus dalam kelipatan Rp. 25,00 (dua puluh lima rupiah)