1. Setelah mempunyai NPPBKC, apa yang harus dilakukan?
• Sebelum memproduksi atau mengimpor HT dengan merek baru, pengusaha pabrik HT atau importir wajib mengajukan permohonan penetapan tariff cukai HT kepada kepala kantor
• Pemesanan Pita Cukai (P3C)

2. Apa syarat pengajuan permohonan penetapan tariff cukai atas HT merek baru, atau mengubah desain, atau kemasan penjualan eceran atas merek yang sudah ada penetapan tariff cukainya?
Permohonan penetapan tariff cukai atas HT merek baru, atau mengubah desain, atau kemasan penjualan eceran atas merek yang sudah ada penetapan tariff cukainya dibuat rangkap 3, yang masing-masing dilampiri dengan:
• Contoh etiket atau kemasan penjualan eceran HT
• Daftar merek-merek HT yang dimiliki dan masih berlaku sesuai contoh format; dan
• Surat pernyataan diatas materai yang cukup bahwa merek/desain kemasan tidak memiliki kesamaan pada pokoknya, atau pada keseluruhan merek/desainkemasan yang telah dimiliki atau dipergnakan oleh pengusaha pabrik HT/importir lain.

3. Bagaimana kalau ada penyesuain tariff cukai HT dari merek yang sudah ada penetapannya, tanpa melakukan perubahan desain atau tampilan kemasan penjualan eceran atau merek tsb?
Pengusaha pabrik HT atau importir wajib mengajukan permohonan penyesuaian tariff cukai HT kepada kepala kantor sesua contoh format

4. Bagaimana caranya untuk mengurangi kesalahan dalam hal merek/desain memiliki kesamaan nama, baik lisan maupun pengucapannya baik secara pokok atau keseluruhan dengan merek/desain lain yang telah dipergunakan oleh pegusaha pabrik atau importir lain ?
Sebelum memulai pross pengajuan permohonan penetapan tariff cukai HT, sebaiknya cari informasi tentang nama pabrik melalui www.beacukai.go.id atau bisa juga datang ke kantor bea cukai.

5. Berapa lama prosesnya apabila permohonan penetapan tariff?
Kepala Kantor atas nama Menteri Keuangan menerbitkan keputusan disetujui atau ditolaknya penetapan tariff cukai HT dalam jangka waktu 30 hari sejak permohonan diterima secara lengkap.
Jika melebihi 30 hari belum ada keputusan, maka permohonan dianggap diterima dan dibuatkan keputusan penetapan tariff cukai oleh kepala kantor maksimal dalam 10 hari.

6. Berapa lama berlakunya keputusan penetapan taric cukai HT/merek saya?
Penetapan tariff cukai dinyatakan tidak berlaku apabila lebih dari 6 bulan berturut-turut pengusaha pabrik atau importir:
• Tidak pernah merealisasikan pemesanan pita cukainya (CK-1)
• Tidak pernah merealisasikan ekspor HT dengan dokumen (CK-5)

7. Bagaimana apabila merek/desain kemasan HT tidak dipergunakan lagi atau dinyatakan tidak berlaku?
Apabila merek/desain kemasan HT tidak dipergunakan lagi atau dinyatakan tidak berlaku maka merek/desain tsb dapat diajukan permohonan tariff cukai HT untuk merek baru oleh pengusaha pabrik atau importir yang bersangkutan atau pengusaha pabrik/importir lainnya.

8. Ketentuan apa dalam pengajuan penetapan tariff cukai HT merek baru sehubungan dengan merek/desain kemasan HT tidak digunakan lagi atau dinyatakan tidak berlaku?
• Hanya dapat diajukan setelah 6 bulan berturut-turut sejak dokumen pemesanan pita cukai terakhir atau sejak dokumen pemberitahuan pengeluaran cukai yang belum lunas cukainya dari pabrik HT untuk tujuan ekspor
• Tariff cukai HT tersebut tidak boleh lebih rendah dari penetapan tariff cukai yang terakhir; dan
• HJE yang diberitahukan sekurang-kurangnya sama dengan HJE yang terakhir ditetapkan/diberitahukan.

9. Bagaimana apabila pengusaha pabrik HT atau importir yang aka mempergunakan merek/desain kemasan HT yang tidak dipergunakan lagi?
Pengusaha pabrik HT/importir harus mengajukan permohonan tariff cukai HT untuk merek baru juga harus melampirkan bukti berupa:
• Fotokopi dokumen pemesanan pita cukai terakhir atau dokumen pemberitahuan pengeluaran BKC yang belum dilunasi cukainya dari pabrik HT untuk tujuan ekspor terakhir;
• Fotokopi surat keputusan penetapa arif cuka HT terakhir; dan
• Fotokopi surat lisensi dari pemilik merek atau surat perjanjian persetujuan penggunaan merek aau desain kemasan yang telah ditandasahkan oleh notaries atau fotokopi surat penunjukan agen, distributor, atau importir tunggal dari pemegang merek HT yang akan diimpor, yang ditandasahkan oleh pengusaha pabrik HT.

10. Bagaimana caranya pengusaha pabrik HT atau importir yang akan mempergunakan kembali merek / desain kemasan HT yang dinyatakan tidak berlaku lagi?
Pengusaha pabrik atau importir HT harus mengajukan permohonan penetapan tariff cukai HT untuk merek baru juga harus melampirkan bukti berupa:
• Fotokopi dokumen pemesanan pita cukai terakhir atau dokumen pemberitahuan pengeluaran BKC yang belum dilunasi cukainyadari pabrik HT untuk tujuan ekspr terakhir, dan/atau
• Fotokopi surat keputusan penetapan tariff cukai HT terakhir.

11. Dalam hal apa pengusaha pabrik HT atau importir tidak diperbolehkan mengajukan permohonan penetapan tariff cukai HT?
• HJE yang diajukan lebih rendah dari HJE yang dimilikinyaddan masih berlaku dalam satuan batang atau gram untuk jenis HT yang sama.
• Merek memilik kesamaan atau kemiripan nama, logo, atau desain dengan merek lainnya dan masih berlaku, dalam hal HJE lebih rendah dari HJE yang dimilikinyada masih berlaku dalam satuan batang atau gram untuk jenis HT yang sama, atau
• Merek yang terkait dengan tindak pidana bidang cukai, dalam jangka waktu 2 tahun sejak keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.

12. Dalam hal apa permohonan penyesuaian tariff cukai HT berdasarkan harga transaksi pasar?
Pengusaha pabrik HT atau importir harus mengajukan permohonan penetapan penyesuaian tariff cukai HT dalam harga transaksi pasar:
• Telah melampaui batasan HJE perbatang atau pergramnya diatas; atau
• Berada pada posisi batasan HJR perbatang atau gram tertinggi pada masing-masing golongan pengusaha pabrik HT telah melampaui 5% dari HJE yang berlaku/tercantum pada pita cukai.