TENTANG MODUL PEB VERSI 5.5.0

 

Apa itu Modul PEB ver 5.5.0 ?

Adalah modul eksportir 2014 versi baru dengan menggunakan nama “Modul PEB versi 5.5.0 dengan versi tanggal 14 Maret 2014”. Hal ini untuk memudahkan pembedaan user yang masih menggunkan modul versi lama (Versi 5.4.0)

 

 Bagaimana cara menghitung FREIGHT dan ASURANSINYA ?

FREIGHT               = FOB  x (%Tarif Freight)

ASURANSI           = (FOB + FREIGHT) x  (% Tarif Asuransi)

Catatan :  % Tarif Freight dan % Tarif Asuransi adalah yang ada pada lampiran Permendag Nomor: 7/M-DAG/PER/1/2014. Dimana tariff ditentukan berdasarkan Cara Pengangkutan, Negara Tujuan (Regional) dan Cara Penyerahan Barang.

 

Bagaimana Pengisian BCF 3.0.9  atau Pembetulan PEB ?

–          Saat KLIK tombol UBAH, modul PEB akan mengecek berlaku atau tidak perhitungan freight dan asuransi sesuai permendag, berdasarkan tanggal pendaftaran PEB.

–          Jika tanggal daftar PEB >= (lebih atau sama dengan) tanggal berlaku TOD, maka akan berlaku perhitungan sesuai Permendag.

 

 

 TENTANG PERMENKEU : 41 TAHUN 2014

 

Apa yang di maksud dengan Ekspor ?

Adalah kegiatan mengeluarkan barang dari Daerah Pabean.

 

Apa yang di maksud dengan Eksportir ?

–          Adalah orang perseorangan atau badan yang melakukan Ekspor.

–          Eksportir harus memberitahukan barang yang akan di ekspor ke Kantor Pabean dengan menggunakan PEB.

–          Eksportir harus mengisi PEB dengan lengkap dan benar, dan bertanggung jawab atas kebenaran data yang diberitahukan dalam PEB termasuk pengisian nilai transaksi ekspor.

 

Apa yang dimaksud dengan PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang)?

Adalah pemberitahuan pabean yang digunakan untuk memberitahukan ekspor barang.

 

Apa yang dimaksud dengan Kantor Pabean ?

Adalah kantor dalam lingkungan DJBC tempat dipenuhinya kewajiban pabean sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Kepabeanan.

 

Apakah Eksportir harus mengisi besaran nilai transaksi ekspor ?

Ya HARUS, besaraan nilai transaksi ekspor berdasarkan nilai transaksi ekspor yang disepakati antara Eksportir dengan pembeli di luar negeri.

Dalam hal nilai transaksi ekspor menggunakan cara penyerahan barang dalam bentuk :

 –          Free On Board (FOB), Besaran nilai INSURANCE dan FREIGHT didasarkan pada besaran yang ditetapkan oleh menteri yang tugas dan tanggung jawabnya di bidang perdagangan.

–          Cost and Freight (CFR), Besaran nilai INSURANCE  didasarkan pada besaran yang ditetapkan oleh menteri yang tugas dan tanggung jawabnya di bidang perdagangan.

–          Cost Insurance and Freight (CFR), Besaran nilai INSURANCE dan FREIGHT didasarkan nilai transaksi Ekspor yang disepakati antara Eksportir dengan pembeli di luar negeri.

 

Apa yang dimaksud dengan Nilai Transaksi Ekspor yang mengikat ?

Adalah nilai transaksi Ekspor yang disepakati antara Eksportir dengan pembeli di luar negeri.

Dalam hal nilai transaksi Ekspor yang disepakati Eksportir dengan pembeli di luar negeri menggunakan cara penyerahan barang dalam bentuk:

–         Free On Board (FOB), maka nilai transaksi ekspor yang mengikat adalah nilai Free On Board (FOB).

–          Cost and Freight (CFR), maka nilai transaksi ekspor yang mengikat adalah nilai Free On Board (FOB) dan Freight

–          Cost, Insurance dan Freight (CIF),  maka nilai transaksi ekspor yang mengikat adalah nilai Free On Board (FOB) , Insurance dan Freight

 

  

TENTANG PERMENDAG : 01, 07, 13 TAHUN 2014

 

Apa yang dimaksud dengan Nilai Freight ?

Adalah biaya angkut atas barang dan/atau kargo yang dibayarkan oleh eksportir kepada perusahaanjasa angkutan barang dan/atau kargo dalam bentuk persentase yang digunakan sebagai referensi bagi eksportir yang menggunakan Term Of Delivery Free On Boar (FOB) dan Cost And Freight (CFR) dalam  pengisian Pemberitahuan Ekspor Barang.

 

Apa yang dimaksud dengan Nilai Asuransi ?

Adalah biaya asuransi barang dan/atau kargo yang dibayarkan oleh eksportir kepada perusahaan jasa asuransi dalam bentuk persentase yang digunakan sebagai referensi bagi eksportir yang menggunakan Term Of Delivery Free On Boar (FOB) dan Cost And Freight (CFR) dalam  pengisian Pemberitahuan Ekspor Barang.

 

Untuk Apa Nilai Freight dan Nilai Asuransi itu?

–          Merupakan dasar perhitungan Nilai Freight dan Nilai Asuransi pada Pemberitahuan Ekspor Barang yang menggunakan Term Of Delivery Free On Board (FOB) dan Cost And Freight (CFR).

–          Bukan merupakan dasar penghitungan Harga Patokan Ekspor (HPE) atas barang ekspor yang dikenakan bea keluar dan tariff bea keluar.

 

Siapa Yang menetapkan Nilai Freight dan Nilai Asuransi tersebut ?

Adalah Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang perdagangan secara periodic setiap tahun

 

Bagaimana kalau Nilai Freight dan Nilai Asuransi yang baru belum di tetapkan ?

Nilai Freight dan Nilai Asuransi ebelumnya yang telah berakhir masa berlakunya, dinyatakan tetap berlaku.

 

Berapakah Nilai Freight dan Nilai Asuransi sebagaimana Permendag nomor 7 tahun 2014 ?

 

NILAI FREIGHT :

Sar Kut LAUT wilayah ASEAN                                       :  1,53 %

Sar Kut LAUT wilayah Asia/Australia                         :  2,03 %

Sar Kut LAUT wilayah Afrika/Timur Tengah         :  4,05 %

Sar Kut LAUT wilayah Eropa                                         :  5,03 %

Sar Kut LAUT wilayah Amerika                                    :  5,57 %

 

Sar Kut UDARA wilayah ASEAN                                  :  6,50 %

Sar Kut UDARA wilayah Asia/Australia                    :  8,50 %

Sar Kut UDARA wilayah Afrika/TimurTengah      : 12,03 %

Sar Kut UDARA wilayah Eropa                                     : 18,00 %

Sar Kut UDARA wilayah Amerika                                : 19,00 %

 

Sar Kut LAINNYA wilayah ASEAN                               :  2,99 %

Sar Kut LAINNYA wilayah Asia/Australia                 :  2,00 %

Sar Kut LAINNYA wilayah Afrika/TimurTengah   :  –       %

Sar Kut LAINNYA wilayah Eropa                                  :   –      %

Sar Kut LAINNYA wilayah Amerika                             :   –      %

 

 NILAI ASURANSI :

Sar Kut LAUT wilayah ASEAN                                       : 0,1951 %

Sar Kut LAUT wilayah Asia/Australia                         : 0,2050 %

Sar Kut LAUT wilayah Afrika/Timur Tengah           : 0,2150 %

Sar Kut LAUT wilayah Eropa                                           : 0,2050 %

Sar Kut LAUT wilayah Amerika                                     : 0,2250 %

 

Sar Kut UDARA wilayah ASEAN                                    : 0,1600 %

Sar Kut UDARA wilayah Asia/Australia                      : 0,1700 %

Sar Kut UDARA wilayah Afrika/Timur Tengah       : 0,1750 %

Sar Kut UDARA wilayah Eropa                                       : 0,1700 %

Sar Kut UDARA wilayah Amerika                                  : 0,1850 %

 

Sar Kut LAINNYA wilayah ASEAN                                 : 0,0383%

Sar Kut LAINNYA wilayah Asia/Australia                  : 0,0640 %

Sar Kut LAINNYA wilayah Afrika/Timur Tengah   :  –       %

Sar Kut LAINNYA wilayah Eropa                                    :   –      %

Sar Kut LAINNYA wilayah Amerika                              :   –      %

 

Keterangan:

Sar Kut = sarana Pengangkutan

LAINNYA = angkutan darat/truk

Berlaku terhitung sejak tanggal 1 Maret 2014 sampai dengan tanggal 31 Desember 2014

 

 

REFERENSI PERATURAN :

– PENJELASAN DIREKTUR PPKC: PENCATATAN NILAI TRANSAKSI EKSPOR DALAM DOKUMEN PEB DENGAN MENAMBAHKAN PENGISIAN NILAI FREIGHT DAN INSURANCE

– PERATURAN MENTERI KEUANGAN  NOMOR 41/PMK.04/2014

– PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN NOMOR 13/M-DAG/PER/2014

 PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN NOMOR 07/M-DAG/PER/2014

 PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN NOMOR 01/M-DAG/PER/2014