Rangkuman Tanya Jawab dalam Kegiatan CUSTOMS VISIT CUSTOMERS (CVC) II tahun 2014, pada kawasan berikat di wilayah kerja KPPBC TMP Tanjung Emas terkait implementasi IT Inventory.

No. Pertanyaan   Jawaban
1 Untuk password portal pengguna jasa, apakah bisa diganti sendiri passwordnya? Perubahan atas password portal pengguna jasa tidak bisa langsung dilakukan, tetapi perusahaan terlebih dahulu mengajukan surat permohonan perihal perubahan password portal pengguna jasa kepada kepala kantor
2 Apabila ada problem internal perusahaan (SDM IT resign) yang memberikan efek keterlambatan di dalam pelaksanaan IT Inventory sehingga mempengaruhi profiling, bagaimana? Untuk profiling sendiri sebenarnya dilakukan 2 (dua) kali dalam satu tahun. Apabila perusahaan mengalami problem internal tersebut mungkin dapat mempersiapkan perusahaan sendiri dengan telah mengetahui pelaksanaan profiling
 3 Untuk sampah dari bahan baku lokal apakah harus mengajukan permohonan kepada Bea dan Cukai? Tidak, cukup dengan membuat dan  memberitahukan kepada petugas Bea dan Cukai di perusahaan yang bersangkutan dengan dokumen BC.41
 4 Pembelian aset lokal berupa barang modal, apakah harus mengajukan permohonan? Iya, perusahaan harus mengajukan permohonan karena itu merupakan barang modal
 5 Untuk CCTV apakah harus direkam atau hanya untuk monitoring saja? Hasil rekaman CCTV disimpan paling lama 7 (tujuh) hari dan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan oleh petugas (Bea dan Cukai) dalam jangka waktu tersebut perusahaan harus bisa menyerahkan/ memperlihatkannya
 6 Perusahaan berencana melakukan penjualan kepada lebih dari satu pembeli lokal, dalam hal ini apabila transaksi yang dilakukan lebih dari 1 (satu) transaksi dengan pembeli yang sama, apakah bisa dengan menyerahkan 1 (satu) dokumen pelengkap saja atas beberapa transaksi (NPWP, SIUP, TDP)? Berdasarkan aturan, setiap penjualan lokal barang jadi dari Kaber harus dilengkapi dengan dokumen pelengkap seperti NPWP, SIUP, TDP, dll
 7 Apakah penjualan lokal dari Kaber bisa dibeli oleh perorangan? Untuk murni bahan baku lokal tidak masalah tetapi apabila ada unsur bahan baku impor yang ada pada barang hasil produksi (barang jadi) harus menurut peraturan yang berlaku (dilengkapi NPWP, SIUP, TDP, dll)
28 Untuk sementara IT Inventory dan CCTV siap untuk standby 24 (duapuluh empat) jam (remote) sambil menunggu perubahan ke Web-Base Kalau ada yang perlu dikonsultasikan mengenai IT Inventory dipersilahkan untuk konsultasi ke kantor
 9 Untuk pelayanan masalah perijinan barang modal kalau bisa dipercepat dan laporan empat bulanan kenapa harus menyerahkan hardcopy! (terlalu banyak file) Untuk permohonan ijin barang modal memang diperlukan penelitian yang mendalam agar fasilitas yang diterima perusahaan tidak disalahkangunakan. Apabila perussahaan sangat membutuhkan barang modal tersebut bisa diberitahukan kepada petugas bea dan cukai dan untuk laporan memang harus diserahkan karena sesuai aturannya
 10 IT Inventory dan CCTV sudah siap, minta waktu untuk merubah ke Web-Base Diharapkan perusahaan Kawasan Berikat mempersiapkan IT Inventorynya berbasis Web-Base
 11 Layanan ijin impor barang modal agak lama Untuk pemberian ijin impor barang modal memang harus melakukan penelitian mendalam supaya fasilitas yang diterima perusahaan tidak disalahkangunakan
 12 Laporan 4 (empat) bulanan menjadi softcopy dan  mohon bantuannya untuk respon/warning perbulan berkait rekonsiliasi BC.23 dan Retur, apa bisa ditangani/diselesaikan oleh hangar? Untuk administrasi menyusul Acuan pelaksanaan sesuai dengan peraturan yang sudah ada
 13 Usulan untuk dibuatkan database tanya jawab dari Customs Visits Customers Hasil dari CVC ini akan diupload di Web bctemas.beacukai.go.id setelah selesainya pelaksanaan Customs Visits Customers
 14 Bagaimana jika laporan 4 (empat) bulanan sudah diserahkan tetapi di kemudian hari ada perbaikan, bagaimana dengan penilaiannya terhadap perusahaan dan apa ada tenggang waktu untuk melakukan revisi? Laporan bersifat final (SOP), tetapi kalau masalah human error dan tidak rutin bisa ditoleransi
 15 Kalau hanya menyewakan gedung tidak perlu IT Inventory, bagaimana untuk perpanjangan? Perpanjangan diajukan sesuai dengan syarat (minus IT Inventory)
16 Subkon dari DPIL, pengajuan izin barang jadi tanpa afal. Standarnya bagaimana? Harapannya ada komunikasi dua arah Secara prinsip ada SOP baku, sepanjang data diajukan jelas dan sama pasti untuk layanan sama
 17 Pembelian lokal dan perbaikan sparepart cukup dengan ijin hanggar? Ini sebagai masukan dan nanti akan dibicarakan dan disampaikan dalam rapat, kedepannya akan diperbaiki waktu layanan
 18 Terkait dengan pengecekan IT Inventory diharapkan petugas memberitahukan kepada perusahaan! Nanti akan dipertimbangkan untuk kunjungan yang akan datang
 19 Perijinan akhir-akhir ini agak lama! Diharapkan perusahan sudah mengajukan permohonan dengan lengkap dan benar dan kedepannya akan mempercepat layanan
 20 Bagaimana pengertian realtime yang dimaksud oleh DJBC sebagai kriteria sistem IT Inventory? Realtime dimaksud adalah perubahan status inventory di perusahaan dapat dimonitor oleh DJBC. Perubahan tersebut  mengikuti SOP perusahaan berdasarkan pengakuan akuntansi. Pengakuan terhadap inventory ini ditunjang oleh Sistem Pengendalian Internal perusahaan.
 21 Bagaimana mekanisme penyampaian laporan yang diminta? Laporan yang diminta bisa diakses langsung melalui KPPBC TMP Tanjung Emas
 22 Browse manifest OK, pos ditolak solusinya bagaimana? Biasanya Manifest OK lainnya OK, agar dicek juga data yang sudah  diinput di aplikasi. Kemungkinan lain masalah bisa di profider. Diharapkan sering komunikasi dengan profider.
 23 IT Inventory sudah ada dan siap (remote) tapi belum berbasis Web Diharapkan perusahaan Kawasan Berikat mempersiapkan IT Inventorynya berbasis Web-Base
 24 Untuk layanan perijinan masih lama! (Terutama jarak perusahaan yang di selatan cukup jauh) Diharapkan data dan kelengkapan dokumen dapat berupa softcopy dan kekurangan data bisa lewat email Ini sebagai masukan dan kedepan akan dipercepat pelayanan
 25 Ijin impor barang jadi (hanger) ditolak? Konfirmasi saat mengajukan tidak langsung diberitahukan (diharapkan BC dapat meningkatkan komunikasi dengan stakeholder, by email) Diharapkan perusahaan bisa menghubungi seksi terkait.
 26 Notul PEB responnya lama! Kemungkinan ada masalah dengan sistem/ profider
 27 Permasalahan perijinan lama dengan alasan antrian. Pelayanan tidak memuaskan (diharapkan ada aplikasi yang bisa cek status dokumen dan untuk petugas ada Training Publik Speaking supaya memberikan jawaban yang baik) Dalam rangka uji coba
 28 Hari sabtu dan minggu SPPB pending Sabtu dan Minggu Console buka sampai jam 19.00 WIB
 29 Perpanjangan ijin PDKB/KB bisa diajukan ke Kepala Kantor, jika syarat dan profil OK apa harus diaudit? Audit tidak wajib
 30 Masa ijin PDKB berapa lama? Dan bagaimana mengetahui profil perusahaan dan kapan bisa menikmati layanan yang baik bagi perusahaan yang sudah masuk kategori baik? Parameter untuk profil adalah: Nilai registrasi, Data pelanggaran, Laporan, IT Inventory, Jenis hasil produksi, dan lokasi perusahaan (Kawasan Industri atau bukan)
 31 Bagaimana jka di dalam 1 (satu) PKB ada PDKB hijau, kuning, dan merah?  Ini sebagai masukan dan akan dicoba didiskusikan dengn bagian terkait
32 Mengapa BC.23 tidak bisa ditutup di aplikasi kantor pemasukan? Kemungkinan besar bc 2.3 tersebut adalah impor menggunakan PJT. Dan diakrenakan volume yang besar dimungkinkan dokumen belum input di kantor kedatangan (Jakarta) sehingga tidak dapat diakses dari Semarang.
 33 Apa ada nomor telepon lain di penimbunan yang bisa dihubungi oleh perusahaan? Untuk sementara kalau ada perusahaan yang mau menanyakan sesuatu kepada penimbunan bisa lewat Layanan Informasi
 34 Mengapa sending PEB terlalu lama? Beberapa permasalahan sama yang dihadapi perusahaan karena ada maslah dengan providernya. Palapa adalah provider dengan catatan trouble paling banyak disusul EDI.
 35 Mengapa perijinan terlalu lama prosesnya? Hingga berminggu-minggu bahkan ada yang lebih dari satu bulan? Ada keterbatasan SDM dibanding dengan dokumen yang masuk. Kuantitas jenis dan jumlah barang dalam perijinan yang diajukan juga berpengaruh. Ketika melakukan penelitian mendalam tentu akan berbeda antara dokumen setebal 10 halaman dengan dokumen setebal hampir 1 rim. Namun terlepas dari pada itu, kami akan lakukan evaluasi agar pelayanan kami dapat lebih cepat dan akurat. Kami menyadari masih banyak kekurangan, terimakasih atas kritik Saudara.
 36 Apakah IT Inventory harus dibangun dengan platform web based? Secara aturan diperbolehkan membangun IT inventory berbasis web (web based) atau dengan Remote Desktop atau Service Web. Namun untuk alasan kemudahan akses dan kehandalan data, kami sarankan menggunakan web based.
 37 Apakah kami bisa membeli software sistem IT Inventory tertentu yang direkomendasikan oleh DJBC? Kami sebenarnya memiliki sistem lama, namun berbeda dengan sistem yang kebanyakan dipakai perusahaan kawasan berikat. Apakah boleh menggunakan sistem sendiri? Ya boleh. Kami tidak mewajibkan menggunakan sistem IT Inventory tertentu dari vendor manapun. Adapun sistem lama, boleh digunakan. Anda hanya perlu melakukan penyesuaian atau upgrade agar sistem tersebut dapat memenuhi apa yang disyaratkan dalam ketentuan yaitu Per-09/BC/2014 mengenai IT Inventory dan Kerahasiaan Data. Salah satu indikatornya adalah sistem dapat menghasilkan laporan 4 bulanan dan dapat dicetak atau diunduh.
 38 Mohon untuk proses perijinan bisa dipercepat Perijinan lama karena kurangnya SDM
39 Apakah pengajuan izin subkontrak dapat di tangani oleh hanggar setempat, tidak harus menunggu persetujuan kepala kantor? Berdasarkan SOP yang berlaku, izin subkontrak diberikan atas dasar perstujuan kepala kantor. Belum bisa didelegasikan ke hanggar setempat. Untuk pelayanan perizinan akan dilakukan evaluasi guna mempercepat proses dokumen.
 40 Bagi kawasan berikat yang sudah mendapat profil hijau kapan akan diberi pelayanan lebih? Karena sejauh ini belum ada perbedaan hijau atau tidak sama saja dalam pelayanan. Akan segera difasilitasi dan sedang digodok mekanismenya. Sebagai petunjuk awal, kawasan berikat profil hijau agar menyiapkan email khusus untuk korespondensi dengan DJBC, karena kawasan berikat profil hijau akan diberi fasilitas perizinan online berbasis email. Yang dikecualikan dari perizinan online adalah dokumen BC 2.5, masih harus diurus secara manual.
 41 IT Inventory perusahaan belum berbasis Web, jadi sementara memakai remote Untuk sementara pakai remote tapi diharapkan kedepannya Web based, agar mudah diakses
 42 Proses notul dan respon SPPB lama! (palapa) Masalah yang terjadi selama ini karena profidernya
 43 Permohonan perijinan atas barang contoh lama, mohon untuk dipercepat! (barang contoh biasanya langsung dikirim tanpa melalui pemberitahuan terlebih dahulu) Kedepannya akan dipercepat proses permohonan perijinan dari perusahaan kawasan berikat.
 44 Untuk laporan 4 (empat) bulanan sudah berupa softcopy, tapi kenapa harus menyiapkan hardcopynya juga! Aturan memang mengatur kalau perusahaan harus menyerahkan softcopy dan hardcopy. Diharapkan kedepannya cukup dengan menyerahkan softcopynya saja.
45 Perijinan agar dipercepat waktu pelayanannya, terutama ijin antar KN (BC.27) Perijinan lama karena kurangnya SDM
 46 Permohonan BC.25 berkala atau pembayaran BM PDRI berkala diharapkan bisa disetujui! (safety) Untuk pembayaran berkala belum bisa dilayani (SDM dan sarana belum siap)
 47 Status BC.23 sudah SPPB, di kantor bongkar data tidak muncul! Seharusnya tidak terjadi seperti itu, karena servernya satu (sebagai masukan untuk dinkonfirmasi dengan Kantor Pusat)
 48 Agar pelayanan perizinan dipercepat dan kalau ada yang kurang jangan langsung ditolak/diserahkan begitu saja. Tolong diberitahukan kepada Exim perusahaan mengenai kekurangannya Perijinan lama karena kurangnya SDM
 49 Apakah untuk pembuatan Berita Acara pembukaan segel diperlukan Berita Acara penyegelan? Untuk pembukaan segel dibutuhkan Berita Acara penyegelan
 50 Agar pelayanan perizinan dipercepat dan SDM di frontdesk bisa bersikap baik Ini sebagai masukan dan kedepan akan dipercepat pelayanan serta SDM yang baik
 51 Apa gunanya checklist kalau sampai di staff dalam tetap ditolak? Benar, dokumen yang diajukan sudah lengkap tetapi apakah permohonan tersebut sudah lengkap dan benar! Itu yang diteliti di bagian staff dalam
 52 Apakah dimungkinkan PDKB impor menggunakan BC.20? PDKB bisa impor pake BC.20
 53 Barang modal bukan baru untuk kawasan berikat! Boleh
 54 Bagaimana pengeluaran barang ke TLDDP? Mengajukan ijin ke Kepala Kantor Pelayanan/ Kepala Kanwil
 55 Tolong telepon penimbunan yang dapat dihubungi oleh perusahaan! Nanti akan dicoba dibenahi agar bisa dihubungi oleh perusahaan, untuk sementara bisa minta bantuan Layanan Informasi
 56 Jika PDKB impor memakai BC.20 nanti akan dipermasalahkan oleh audit! Tidak masalah, karena itu sudah dibayar jadi tidak ada hutang lagi yang harus dibayar oleh perusahaan
 57 Penandatanganan subkon apa harus yang ada di dalam TDP? Penandatanganan oleh direktur atau orang yang diberi kuasa dengan melampirkan surat kuasa
 58 Kalau bisa permohonan ijin untuk pemasukan sample belakangan! Kalau sample harus tetap mengajukan izin terlebih dahulu
 59 Pelayanan perijinan dipercepat! Diharapkan perusahaan juga melakukan pengecekan terhadap permohonan yang diajukan sehingga nanti tidak terjadi lagi penolakan atas permohonan ijin dari perusahaan
60 Saat mengajukan permohonan perpanjangan izin kawasan berikat, check list sudah dipenuhi tapi ada tambahan syarat lagi. Mohon dipastikan syarat yang jelas apa saja. Perpanjang sudah diatur, list apa saja yang diperlukan, format suratnya dll. Sepanjang sudah dilengkapi  yang dipersyaratkan akan kami proses. Namun perlu diperhatikan akurasi konten/isi/ data dari dokumen-dokumen yang diajukan. Sehingga tidak perlu revisi-revisi  yang memakan waktu.
 61 Sistem IT Inventory apa yang bisa digunakan untuk menghubungkan (koneksi) antara perusahaan dengan DJBC? Secara aturan boleh web base, remote desktop, atau service web. Namun kami mengharapkan IT Inventory dibangun dengan platform web base dengan pertimbangan kemudahan akses dan kendala yang minim.
 62 Kami menerima profiling kuning. Kami sudah membangun sistem IT Inventory, apakah sistem kami sudah dicek atau belum kami khawatir sistem kami dianggap kurang (nilai NOL). Kami berharap mendapat profile hijau, untuk itu point apa saja yang harus kami kejar penilaiannya agar kami fokus. Terhadap perusahaan yang belum mengimplementasikan IT Inventory kami lakukan komunikasi dan kami berikan asistensi. Jika perusahaan Saudara tidak mendapat perlakuan tersebut maka IT Inventory sudah kami terima dan kami anggap cukup, namun diharapkan sistem IT Inventory yang ada terus ditingkatkan. Adapun nilai profiling adalah rahasia dan tidak dapat dipublish.
 63 Ketika kami mengajukan permohonan izin retur untuk sampel, kami berharap dokumen dapat diproses lebih cepat. Apakah tidak bisa didelegasikan ke hanggar? SOP tidak mengatur pendelegasian pemberian izin retur kepada hanggar. Untuk itu kami akan meningkatkan layanan perizinan dengan aplikasi perizinan. Dan kami mengharap peran aktif dari perusahaan dalam hal pengajuan permohonan izin retur agar disampaikan secara sistematis, lampiran dibuat teratur dan memudahkan petugas dalam melakukan cek.
 64 Kami sering mengajukan dokumen ke bagian frontdesk pagi hari, namun mendapat kekecewaan karena seringkali tidak ada di tempat (sarapan, senam, olahraga dll) belum lagi petugas yang ketus dan tidak smart. Bagaimana itu? Kami juga heran kenapa setiap mengajukan dokumen harus melampirkan copies dokumen yang sekian banyak apakah tidak menjadi sampah di gudang nantinya. Untuk perusahaan yang sudah diketahui profilnya apa harus terus menerus melampirkan dokumen semacam itu? Kami akan lakukan evaluasi internal. Akan kami adakan pelatihan pelayanan. Akan kami implementasikan aplikasi perizinan online.
65 Berapakah skoring profiling kuning dan hijau untuk kawasan berikat dalam skala 0  – 100? Skoring profiling kuning adalah nilai 50-74,99. Sedangkan skoring hijau adalah 75-100.
 66 Beberapa kali akhir-akhir ini permohonan subkon kami ditolak dengan alasan penandatangan dalam permohonan subkon dan dalam kontrak subkon berbeda dengan penandatangan dalam akte pendirian kawasan berikat. Padahal sudah kami sertakan surat kuasa? Secara aturan permohonan subkon harus harus ditandatangani oleh orang yang sama dalam akte pendirian kawasan berikat. Dalam hal ini yang bersangkutan berlaku sebagai penanggung jawab kawasan berikat, atau pihak yang memiliki otoritas. Kami mendapat teguran dari Badan Pemeriksa Keuangan bahwasanya pendelegasian permohonan subkon dengan surat kuasa rawan fraud. Maka kami melakukan penelitian mendalam terhadap permohonan-permohonan subkon yang penandatangannya berbeda dengan penanggungjawab kawasan berikat.
 67 Apakah outuput menu download laporan 4 bulanan yang diwajibkan ada pada sistem IT inventory dapat disediakan dalam format excell? Ya diperbolehklan. Yang utama adalah bahwa sistem IT Inventory mampu menghasilkan laporan 4 bulanan. Adapun pada menu download/ print, hasilnya menyerupai atau bahkan berupa format excell tidak dilarang. Yang dilarang adalah menyediakan sistem IT Inventory dalam format excell, karena itu berarti sistem masih menggunakan “sistem inventory berbantuan komputer”.
 68 Kami mohon ada checklist yang jelas di bagian front desk penerima dokumen permohonan izin. Karena seringkali kami kecewa dokumen diterima kemudian hari ditolak hanya karena ada kekurangan fotokopi. Seharusnya dicek di depan jangan hanya diterima. Prinsipnya tugas pegawai pada bagian checklist penerimaan dokumen adalah meneliti kelengkapan dokumen. Kemudian dokumen akan diteliti oleh bagian peneliti dokumen. Bahwasanya dokumen lengkap belum tentu benar, tapi dokumen yang benar pasti lengkap.
 69 Mengapa ketika permohonan izin diajukan dan kebetulan ditengah proses dokumen, seksi terkait menjalani dinas luar namun pejabat pengganti yang berwenang tidak dapat menandatangani dokumen kami. Lalu apa artinya ada pejabat pengganti? Untuk dokumen rutin yang dialihkan tanggungjawabnya kepada pejabat pengganti, akan dilayani dan diproses ebagaimana mestinya. Namun ada dokumen tertentu yang memerlukan pertimbangan Kepala Kantor dan pengambilan keputusannya tidak dapat dilakukan sepihak oleh pejabat pengganti, terhadap dokumen demikian ada penelitian mendalam.
 70 Kami menerima perstujuan permohonan izin namun konten dalam surat tersebut seringkali salah. Misal salah tanggal, alamat atau bahkan kesalahan material seperti jumlah barang. Harusnya lebih teliti. Terimakasih atas koreksi dari Saudara. Kami akan lakukan evaluasi internal agar pelayanan di masa yang akan datang lebih cepat dan akurat.
 71 Apakah beberapa permohonan izin yang diajukan secara softcopy, dapat digabung menjadi 1 flashdisk. Sebaiknya dipisah menjadi 1 flashdisk 1 dokumen guna menghindari kekeliruan proses.
 72 Kami kehabisan flashdisk karena pengajuan dengan softcopy bermedia flashdisk kami ajukan, namun flashdisk tidak dikembalikan kepada kami. Walaupun nilainya mungkin tidak seberapa namun merepotkan dan menjadi tanda tanya bagi kami kemana flashdisk kami selama ini? Terimakasih atas koreksi dari Saudara. Kami akan lakukan evaluasi internal agar pelayanan di masa yang akan datang lebih cepat dan akurat. Akan kami cek ke bagian penerimaan dokumen.