Semarang (14/05/2018) – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitut Taqwa Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) laksanakan Tarhib Ramadan 1439 H dengan tema “Mari Jadikan Momentum Ramadan untuk Peningkatan Pengabdian Kepada Negeri” di Aula Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Senin (14/5).

Tarhib Ramadan yang rutin dilaksanakan setiap tahun menjelang Bulan Suci Ramadan ini diikuti oleh pegawai Kanwil Bea Cukai Jateng dan DIY, Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, dan Kantor Bea Cukai Semarang. Ketua DKM Batitut Taqwa Tjertja Karja Adil memberikan sambutannya untuk memulai acara.

“Harapannya adalah Ramadan kita tahun ini bisa lebih baik dibanding dengan Ramadan tahun sebelumnya. Rasulullah SAW memberikan contoh kepada kita untuk berdoa supaya kita berjumpa di Bulan Ramadan yang suci,” ujar Tjertja dalam sambutannya.

Tjertja juga berharap bahwa para pegawai dapat ikhlas karena Allah dalam bekerja dan dapat meningkatkan pengabdian kepada negeri di Bulan Ramadan.

Acara ini mendatangkan Ustadz H. Abdul Sattar, M.Ag untuk memberikan tausyiah kepada para pegawai agar dapat lebih mempersiapkan diri menyambut Bulan Ramadan. Ustadz Abdul Sattar menyampaikan bahwa umur manusia di dunia tidak ada yang tahu sampai kapan. Usia bukan perkara tua atau muda, sakit atau sehat.

“Ajal dapat datang di waktu yang tidak kita sangka, sehingga alangkah baiknya kita mempersiapkan diri untuk bekal di akhirat nanti,” kata Ustadz.

Nasyid dari SMA 11 Semarang yang merupakan pemenang Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (MAPSI) MGMP PAI Kota Semarang Tahun 2018 pun ikut menyemarakkan acara Tarhib Ramadan yang dilaksanakan oleh DKM Baitut Taqwa ini.

Acara diakhiri dengan silaturami antar pegawai dengan bersalam-salaman dengan harapan para pegawai dapat saling memaafkan dan menyucikan diri menjelang Bulan Ramadan.