SEMARANG, BCTEMAS – Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta laksanakan kunjungan ke Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Rabu (4/4/2018).

Bertempat di Aula Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, sejumlah kurang lebih 150 mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPN Veteran mendapatkan pengetahuan baru tentang tugas dan fungsi Bea Cukai serta mekanisme ekspor dan impor.

Kehadiran mahasiswa ini disambut oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Heru Purwedi Sembiring. Perwakilan Dosen Pembimbing FEB UPN Veteran, Dr. Noto Pamungkas, M.Si juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kantor Bea Cukai Tanjung Emas atas kesempatan yang baik ini.

Heru Purwedi Sembiring (kanan) dan Dr. Noto Pamungkas, M.Si (kiri) (BCTEMAS/Anggit Wicaksono Putro)

“Terima kasih atas izin dari kantor Bea Cukai ini yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa kami untuk ikut menimba ilmu, hal-hal apa saja yang terkait dengan Bea Cukai,” ujar Noto dalam sambutannya.

Sesuai dengan jurusan mereka yaitu akuntansi, Bea Cukai Tanjung Emas juga memberikan pengetahuan tentang Audit di Bidang Kepabeanan dan Cukai yang disampaikan oleh Rina Indrati.

Penyampaian materi Audit Kepabeanan dan Cukai oleh Rina Indrati (BCTEMAS/Anggit WIcaksono Putro)

Acara berlangsung begitu meriah karena selain materi yang sangat berguna, mahasiswa juga disuguhkan dengan hiburan berupa permainan dan hadiah yang menarik.

Diharapkan dengan dilaksanakannya kunjungan ini, para mahasiswa dapat mengumpulkan informasi tentang Bea Cukai tak hanya untuk kepentingan tugas kuliah, namun juga untuk bekal apabila mereka melaksanakan kegiatan pemasukan atau pengeluaran barang dari dalam dan/atau ke luar Indonesia.

Heru Purwedi Sembiring bersama mahasiswa UPN Veteran (BCTEMAS/Anggit Wicaksono Putro)

Pewarta: Anis Yulianti