DSCF7956  Kementerian keuangan adalah kementerian keuangan di lingkungan Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan keuangan dan kekayaan negara, Kementerian Keuangan berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Presiden. Dibawah kementerian keuangan ada unit eselon I seperti Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Jenderal Anggaran, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai khususnya, adalah eselon I Kementerian Keuangan yang melayani masyarakat terkait kepabeanan dan cukai.

Kementerian Keuangan memiliki Lima Nilai Kementerian Keuangan yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, dan Kesempurnaan. Lima Nilai Kementerian Keuangan ini harus terpatri pada diri pegawai Kementerian Keuangan dan harus dilaksanakan dalam melayani masyarakat. Budaya anti korupsi di Kementerian Keuangan sendiri merupakan perwujudan dari nilai integritas. Tentu budaya anti korupsi ini juga harus dilaksanakan di unit eselon I Kementerian Keuangan. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai selaku unit eselon I dibawah Kementerian Keuangan tidak ketinggalan dalam melaksanakan budaya anti korupsi ini. Strategi yang digunakan Bea dan Cukai untuk meningkatkan integritas atau budaya bebas KKN (Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme), di antaranya:

  1. Role model
  2. Whistle blowing sistem, informasi tindak lanjut.
  3. Preventif dan represif
  4. Focus group discussion
  5. CCTV dan hidden cam
  6. Manajemen SDM
  7. Sistem IT
  8. Sinergi dengan pengguna jasa
  9. Reward and punishment
  10. Optimalisasi peran unit kepatuhan internal.

DSCF7949

DSCF7950

Di kantor KPPBC TMP Tanjung Emas, langkah – langkah tersebut sudah ditempuh untuk meningkatkan integritas para pegawai di KPPBC TMP Tanjung Emas. Di ruang Seksi Kepatuhan Internal terdapat Kamera CCTV untuk mengawasi para pegawai dan pengguna jasa. Di Front Desk Pelayanan Kepabeanan dan Cukai banyak terdapat stand banner “ no tipping “. Para pengguna jasa juga dapat melaporkan atau mengadukan perbuatan pegawai KPPBC TMP Tanjung Emas apabila perbuatan tersebut menyalahi aturan ke Seksi Kepatuhan Internal. Para pegawai KPPBC TMP Tanjung Emas juga telah menandatangani Komitmen Pengendalian Gratifikasi di awal tahun 2016. Hal- hal tersebut merupakan bentuk budaya anti korupsi di KPPBC TMP Tanjung Emas.