Di jaman milenial, kriminalitas tak bisa dielakkan, tapi kemampuan membela diri justru dilupakan. Kebanyakan dari kita merasa cukup aman, sedang kejahatan tak pandang kawan. Tugas Bea Cukai tentu tak bisa diremehkan. Banyak ancaman saat melaksanakan penindakan di lapangan. Petugas Bea Cukai wajib memiliki bekal yang matang.

Karate merupakan salah satu bekal bela diri yang telah banyak dimiliki oleh para Petugas Bea Cukai. Untuk mengasah dan menunjukkan kemampuan karate Bea Cukai, belum lama ini tepatnya Jumat, 9 Maret 2018, Bea Cukai menyelenggarakan kejuaraan karate Bea Cukai Indonesia “Membentuk Jiwa Ksatria Sehat, Tangguh, Sportif dan Santun untuk Bea Cukai Makin Baik”.

Bertempat di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, belasan kontingen Kantor Wilayah DJBC dari berbagai penjuru Indonesia datang untuk menajajal kemampuan mereka. Kategori yang dilombakan meliputi Kata Perorangan Putra, Kata Perorangan Putri, Kata Beregu Putra, Kata Beregu Putri, Kumite Perorangan Putra, Kumite Perorangan Putri, Kumite Beregu Putra.

Dalam Upacara yang dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Heru Pambudi, menyampaikan bahwa seni bela diri semacam karate mampu membangun nilai-nilai luhur, sikap saling menghormati, berpikir positif, berkonsentrasi penuh, melekat pada ajaran, senantiasa berhati luhur, senantiasa memiliki inisiatif, dan rajin. Filosofi-filosofi ini merupakan hal yang mutlak harus dimiliki oleh insan-insan Bea Cukai.

“Saya mempunyai mimpi, bahwa di semua kantor Bea Cukai harus memiliki kegiatan ini (karate). Wajib terutama bagi petugas Bea Cukai yang dalam menjalankan tugasnya memiliki pressure baik mental maupun fisik”, lanjut Heru Pambudi.

Pada kejuaraan karate ini Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta berhasil memperoleh satu medali emas pada kategori Kata Perorangan Putra, satu medali perak pada kategori Kumite Beregu Putra, tiga medali perunggu pada kategori Kata Perorangan Putra, Kata Beregu Putra dan Kumite Perorangan Putri. Sedangkan juara umum dipegang oleh Kantor Pusat Bea Cukai yang berhasil memperoleh 2 buah medali emas.

Ketua PP AMURA, Marisi Zainuddin Sihotang yang juga merupakan Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai menyampaikan bahwa dengan bisa membela diri, nantinya akan bisa membela organisasi dan pada akhirnya akan bisa membela bangsa dan negara.