SEMARANG, BCTEMAS – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tanjung Emas sambut baik kunjungan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Selasa (3/4/2018).

Rombongan mahasiswa dan dosen Unwahas foto bersama Kepala KPPBC TMP Tanjung Emas dan Kepala Seksi PLI (BCTMEAS/ Anggit Wicaksono Putro)

Acara Visit Company yang diusung Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi FE Unwahas rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Untuk tahun ini, KPPBC Tanjung Emas dipilih untuk pelaksanaan acara Visit Company .

Sejumlah 159 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen pembimbing disambut langsung oleh Kepala KPPBC Tanjung Emas, Tjertja Karja Adil.

“Mudah-mudahan sepulang dari kantor ini, dapat membawa pulang sesuatu yang positif,” harap Tjertja.

Dalam sambutannya, Tjertja juga memberikan gambaran tentang Bea Cukai pada umumnya dan KPPBC Tanjung Emas pada khususnya.

Selain dari pihak Bea Cukai, Dekan FE Unwahas, Khanifah, juga memberikan sambutan. Khanifah menyatakan bahwa ini bukan merupakan kunjungan pertama ke KPPBC Tanjung Emas. Sebelumnya, FE Unwahas juga pernah melaksanakan Visit Company di kantor yang sama.

Kepala KPPBC Tanjung Emas, Kepala Seksi PLI, Dekan FE Unwahas dan Dosen Pembimbing FE Unwahas (BCTEMAS/Anggit Wicaksono Putro)

“Nanti para mahasiswa bisa mengeksplor lebih dalam tentang fungsi dan kewenangan Bea Cukai, dimana ada beberapa fungsi mikro maupun makro,” pesan Khanifah kepada para mahasiswanya.

Sebelum masuk ke materi inti tentang Kepabeanan dan Cukai, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Heru Purwedi Sembiring juga memberikan sambutan. Dalam sambutannya, ia menjelaskan tugas dan fungsi Bea Cukai secara singkat. Acara juga diselingi dengan permainan ringan untuk memompa antusiasme peserta.

Ice Breaking peserta Visit Company (BCTEMAS/Anggit Wicaksono Putro)

Peserta Visit Company mendapat hadiah dari KPPBC Tanjung Emas (BCTEMAS/Anggit Wicaksono Putro)

Materi Kepabeanan dan Cukai disampaikan oleh Dimas Bagus Laksmana. Dalam materinya, ia menjelaskan mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai secara lebih detil, tempat-tempat yang menjadi wilayah pengawasan Bea Cukai, Objek-objek yang diawasi Bea Cukai, serta prestasi yang telah diraih oleh Bea Cukai baik dalam lingkup nasional maupun prestasi KPPBC Tanjung Emas sendiri.

Pemberian materi Kepabeanan dan Cukai oleh Dimas Bagus Laksmana (BCTEMAS/Anggit Wicaksono Putro)

Peserta Visit Company mengajukan pertanyaan kepada pemateri (BCTEMAS/Anggit Wicakosno Putro)

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Heru Purwedi Sembiring. Dari jumlah mahasiswa yang bertanya, dapat dilihat antusiasme yang tinggi dari para peserta. Diharapkan mahasiswa dapat membawa pengetahuan baru dan tentunya hal positif seperti yang diharapkan Tjertja dalam sambutannya.

Pewarta: Anis Yulianti