Semarang (21/8/2018) – Bea Cukai Tanjung Emas menghadiri undangan dari PT Jaminan Kredit Daerah Jateng (Jamkrida Jateng). Pada kunjungannya, Bea Cukai Tanjung Emas diwakili oleh Heru Purwedi Sembiring dari Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi dan Rommy Ardianto dari Seksi Perbendaharaan, serta Aan Kurniawan yang melakukan dokumentasi dalam acara tersebut sebagai tugas praktik kerja lapangan di Bea Cukai Tanjung Emas.

Pemaparan dimulai pukul sepuluh pagi yang bertempat di Kantor PT Jamkrida Jateng, jalan Setiabudi Nomor 128 Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman karyawan dan karyawati PT Jamkrida Jateng terkait jaminan dari perusahaan asuransi (Customs Bond). Bea Cukai Tanjung Emas oleh Heru dan Rommy melakukan penjelasan tentang berbagai bentuk dan penggunaan jaminan dalam rangka kepabeanan dan jaminan dalam rangka cukai. Kemudian penjelasan terkait alur proses terjadinya jaminan tersebut (21/8).

Selain itu, Heru dan Rommy juga menjelaskan terkait waktu alur proses jaminan dan sanksi yang akan dikenakan apabila ada yang tidak sesuai dengan aturan jaminan dalam rangka kepabeanan dan cukai. Adapun dasar hukum sebagai dasar dalam aturan jaminan dalam rangka kepabeanan dan cukai yaitu PMK Nomor 259 Tahun 2010 tentang jaminan dalam rangka kepabeanan dan PMK Nomor 68 Tahun 2009 tentang jaminan dalam rangka cukai.

Heru Purwedi Sembiring berharap dengan adanya kegiatan ini, terkait pemaparan jaminan dalam rangka kepabeanan dan cukai, karyawan dan karyawati PT Jamkrida memahami dengan jelas sehingga mendapatkan wawasan tambahan terkait jaminan.

Selain itu, Heru berharap kedepannya PT Jamkrida mengalami perubahan naik yang signifikan dalam proses bisnisnya sebagai Lembaga keuangan yang menunjang program pemerintah di bidang pengembangan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan menengah.

Kegiatan ini di akhiri dengan sesi tanya jawab yang dilakukan oleh karyawan dan karyawati dengan Heru Purwedi Sembiring dan Rommy Ardianto sebagai wakil dari Bea Cukai Tanjung Emas