Semarang (26/04/2018) – Bertempat di Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Kamis, 26 April 2018 dilaksanakan Sosialisasi Tatalaksana Kepabeanan di Bidang Ekspor kepada Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Surakarta dan beberapa pelaku usaha berorientasi ekspor di Kota Surakarta.

Sosialisasi ini merupakan rangkaian kegiatan Pelatihan Prosedur Ekspor Tahun 2018 bagi pelaku usaha berorientasi ekspor yang diselenggarakan oleh Dinas Perdagangan Pemerintah Kota Surakarta. Kegiatan kunjungan ke Kantor Bea Cukai Tanjung Emas ini merupakan Kunjungan Lapangan untuk mengenal lebih dalam terkait mekanisme ekspor.

“Kami membawa hampir 30 pelaku usaha sebagai calon eksportir yang akan belajar. Mohon nanti dijelaskan sejelas-jelasnya terkait dengan pelayanan ekspor yang ada di Bea Cukai, sehingga pelaku usaha bisa melaksanakan ekspor dengan lencar,” tutur Kristiana, Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan.

Materi Tatalaksana Kepabeanan di Bidang Ekspor disampaikan oleh Muhammad Muamar Kadafi, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai VII. Kadafi menjelaskan secara rinci terkait prosedur yang harus dijalankan oleh para pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan ekspor. Ia juga menyampaikan mekanisme Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM).

“Eksportir itu adalah pahlawan devisa, kita akan sangat membantu. Nanti juga ada skema yang namanya KITE IKM. Banyak sekali support dari Kementerian Keuangan untuk para pelaku usaha IKM,” terang Kadafi.

Selain penjelasan materi, para peserta juga diberi kesempatan untuk mengunjungi tempat pelayanan ekspor di Kantor Bea Cukai Tanjung Emas agar para peserta dapat menyaksikan secara langsung proses pelayanan yang diberikan.