Semarang (14/8/2018) – Setelah sebelumnya menggelar sosialisasi dan asistensi prosedur dan aplikasi manifes sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terbaru, kali ini sosialisasi dan asistensi diadakan kembali oleh Bea Cukai Tanjung Emas yang bertempat di ruang pendidikan.

Perusahaan yang hadir dengan jumlah 39 yang terdiri dari Freight Forwarder dan non-vessel operating common carrier (NVOCC) yang telah dianggap sebagai Pengangkut. Pelaksanaan sosialisasi dan asistensi prosedur dan aplikasi manifes sesuai dengan PMK terbaru yang dipandu langsung oleh Kepala Seksi Administrasi Manifes Wahyu Tirto Prawitosari serta tim dari Direktorat Teknis Kepabeanan dan Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai Kantor Pusat Bea Cukai, Selasa (14/8).

Dalam acara sosialisasi dan asistensi ini diawali dengan konsultasi terkait kendala apa saja yang dialami pengguna jasa kemudian dilanjutkan dengan simulasi pemakaian modul manifes yang baru oleh tim dari Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai.

Melalui sosialisasi dan asistensi ini diharapkan pengguna jasa siap menerapkan PMK 158 Manifes ini tanggal 15 Agustus 2018.